Napi Lapas Lowokwaru Khataman Al Quran
Agustus 22, 2018
PENGARAHAN KALAPAS DI PESANTREN AT-TAUBAH LAPAS KLAS I MALANG
Agustus 29, 2018
Show all

Didatangi 3 Ribu Pembesuk, Lapas Lowokwaru Beri 4 Lapis Pengamanan

Sumber : MalangPostOnline

Kurang lebih 3.000 orang pembesuk datang ke Lapas Kelas I Lowokawaru Malang hari ini. Di hari Raya Lebaran banyak warga membesuk sanak keluarga dan kerabatnya yang berada di balik jeruji besi.
Suasana pelataran depan Lapas Lowokwaru dijaga  ketat. Terdapat empat kali pemeriksaan dan empat tanda yang diberikan kepada masing-masing pembesuk.
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Lapas Kelas I Lowokwaru Malang, Syukoron Hamdani menjelaskan pembesuk hari ini berbeda dengan biasanya. Lebaran  menjadi waktu dimana kunjungan ke lapas meningkat signifikan.
“Tahun lalu saja dengan jumlah warga binaan sekitar 2.100 mencapai dua ribu pengunjung di hari raya. Sekarang kan napinya tambah jadi kira-kira ada sekitar 3.000 pengunjung hari ini saja,” papar Syukron kepada Malang Post.
Ia mengatakan pengamanan empat lapis disiapkan dengan dilengkapi empat penanda kepada pembesuk yang datang.
Pertama pemeriksaan tubuh pembesuk, kedua pemeriksaan barang bawaan, ketiga pemeriksaan kartu identitas dan keempat pemberian penanda sebagai pembesuk. Penanda bagi pembesuk perempuan hanya diberikan cap di tangan.
Sedangkan untuk laki-laki lebih ketat. Selain dicap dengan logo pembesuk di tangan, pembesuk laki-laki juga diharuskan untuk memakai ikat tangan (berupa ikat plastik disediakan lapas,red). Selain itu mereka juga harus mengenakan id pembesuk yang dikalungkan di leher.
“Jika penanda-penanda tersebut hilang satu saja. Pembesuk tidak boleh keluar areal lapas sama sekali. Sebelum jam kunjungan selesai. Ini antisipasi saja jika ada napi yang tertukar dengan pembesuk sehingga keluar atau sebaliknya.,” pungkas Syukron.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *