Hak Pilih Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Klas I Malang
Agustus 29, 2018
PENGENALAN PROGRAM PEMBINAAN DI LAPAS KLAS I MALANG KEPADA CPNS TAHUN 2017 PADA 24 JULI 2018
Agustus 29, 2018
Show all

Pelatihan Membatik Warga Binaan Klas I Malang

Pelatihan Membatik Warga Binaan Klas I Malang

        Program kegiatan kerja dalam lapas Klas I Malang yang berjalan saat ini adalah bagian yang tak terpisahkan  dari sistem pemasyarakatan yang membina Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar menjadi manusia yang aktif dan produktif sebagai tujuan utama dalam upaya menyeluruh yang harus dilakukan oleh lembaga pemasyarakatan pada umumnya. Pembinaan dan pengamanan dengan berbagai keterbatasan sarana dan prasarana, haruslah diupayakan secara kreatif dan inovatif dalam memberikan  pelayanan sebagaimana diatur dalam sistem pemasyarakatan dapat terpenuhi dan tercapai.

Terhitung mulai pada senin 21 mei 2018 lalu kepala Lembaga pemasyarakatan Klas I Malang Bpk. Farid Junaedi telah menandatangani  kerjasama terkait dengan UKM batik Blimbing kota  Malang, dalam rangka Bhakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana Bulan Lalu. Menurut Bpk. Farid, jika hasil dan kwalitasnya membatik bagus dan memenuhi syarat untuk dipasarkan, dan diharapkan bisa diikutkan pameran. “Mudah-mudahan mereka bisa menjadi pengusaha batik dan usah-usaha lainnya yang pernah mereka pelajari pada saat menjadi warga binaan,” Imbuhnya beliau.

Dan pada tgl 31 mei lalu Bimbingan Kerja Lapas Klas I Malang bekerja sama dengan UKM Batik Blimbing Malang telah melaksanakan kegiatan pelatihan membatik, Pelatihan membatik ini ditujukan kepada 20 WBP yang telah mendaftar menjadi peserta pelatihan membatik. Pelatihan membatik dilaksanakan selama total 12 kali pertemuan meliputi 2 kali pertemuan setiap minggunya pada hari selasa dan kamis. Pada pelatihan membatik ini, para WBP dibimbing langsung oleh 5 pelatih dari UKM Batik Blimbing Malang. Pada proses pembuatan batik yang dilaksanakan pada 12 kali pertemuan ini akan meliputi beberapa proses yaitu pemberian materi -> menggambar -> canting -> nyolet ( warna ) -> fiksasi ( kunci warna ) -> pencucian -> nembok -> pencelupan naphtol -> pelorotan -> pencucian -> penjemuran -> batik. Diantara antusiasme para peserta yang terlihat mengikuti proses kegiatan pelatihan, terdapat Kasi Sarana Kerja Bpk. Kusdaryanto,S.Sos turut serta mengikuti kegiatan membatik dengan sangat fokus yang pada kegiatan ini diamati dan diawasi langsung oleh Kabid Kegiatan Kerja Bpk. Effendy Yulianto, Kasi Bimbingan Kerja Bpk. Gatot Slamet, dan Kasi Pengelolaan Hasil Kerja Bpk. Jarot.

“Senang melihat semangat WBP yang begitu fokus dan niat pada saat mengerjakkan batik. Bangga, karena ternyata hasil dari WBP cukup memuaskan, hal ini menunjukkan bahwa WBP juga memiliki potensi yang besar. Dengan harapan membatik dapat terus dikembangkan oleh para peserta pelatihan ini hingga waktu bebas nantinya”, itu adalah pesan dan kesan dari Aulia Rismawati sebagai salah satu pelatih sekaligus pengelola UKM Batik Blimbing Malang.

Pada 28 Juni 2018 Warga Binaan Pemasyarakatan yang mengikuti kegiatan pelatihan membatik telah diberikan pelatihan tahap akhir yaitu fiskasi / penguncian warna dan dilanjutkan dengan tahap pencucian dan penjemuran batik,  dari sebagian karya WBP yang tergabung di pelatihan membatik ini membuktikan bahwa kreasi dan hasil karya merekapun terbilang memuaskan.

Bpk. Kusdaryanto, S.Sos selaku pelaksana teknis pelatihan membatik menyatakan bahwa beberapa hasil produk yang dinilai paling bagus pada kegiatan membatik ini akan ditampilkan pada pameran hasil karya warga binaan pemasyarakatan klas I Malang.

Video Klik Disini

Team Creative Wartapas 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *