SEMARAK HUT RI KE 73 DI LAPAS KLAS I MALANG
Agustus 29, 2018
Pelantikan Kenaikan Jabatan, Pelepasan Jabatan Pegawai Purna Tugas, Dan Alih Tugas Di Lingkungan Lapas Klas 1 Malang
September 1, 2018
Show all

Produksi Sari Apel Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang

Produksi Sari Apel Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang

        Kembali lagi dari Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang, kali ini merupakan hasil produksi Warga Binaan Pemasyarakatan yaitu minuman dari sari buah apel. Setelah menjalani pelatihan dalam memproduksi minuman dari sari buah apel, kini Warga Binaan Pemasyarakatan sudah dapat memproduksi sendiri minuman dari sari buah apel tersebut. Lapas Klas 1 Malang saat ini merupakan satu-satunya Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia yang Warga Binaaannya memiliki ketrampilan dalam memproduksi minuman dari sari buah apel. Kegiatan produksi ini merupakan jalinan kerja sama Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang dengan UMKM. Gabungan kelompok tani  Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu ini bertujuan membangun jiwa kemandirian dan kewirausahaan dari Warga Binaan Pemasyarakatan agar nantinya dapat menjadi bekal Warga Binaan setelah menjalani masa pidananya dan kembali ke lingkungan masyarakat.

Warga Binaan sangat bersemangat dan disiplin dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan. Disini Warga Binaan Pemasyarakatan belajar mengolah dan memproduksi sendiri mulai dari proses awal, yaitu pemilihan bahan baku hingga pengemasan produksi minuman dari sari buah apel. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang  yakin bahwa Warga Binaannya juga bisa dan mampu untuk membuat minuman dari sari buah apel karena adanya kemauan, niat, dan keinginan untuk  bisa dalam memproduksi minuman dari sari buah apel. Hasil produksinyapun tidak kalah bersaing dengan produk lain. Hasil produksi sari buah apel ini nantiya akan dipasarkan didalam Lapas sendiri dan rencana kedepannya akan  dikenalkan, dikembangkan, dan dipasarkan di masyarakat.

Sebelumnya  Warga Binaan sudah memiliki berbagai kreatifitas ketrampilan, seperti ketrampilan melukis, membatik, menjahit, mengukir, dan konveksi. Selain itu, ada pembuatan furniture, mainan anak, pertanian, dan usaha perbengkelan. Kali ini Warga Binaan Pemasyarakatan mencoba menciptakan inovasi baru, yakni dengan produksi minuman dari sari buah apel. Pembuatan minuman dari sari buah apel ini merupakan pembekalan keterampilan bagi Warga Binaan yang nantinya  ketika selesai menjalani masa pidananya di Lembaga Pemasyarakatan bisa mengaplikasikan ilmunya untuk kehidupan sehari-hari, dengan niat tulus ingin berubah, dan diharapkan Warga Binaan tersebut bisa menjadi pengusaha Sari Apel dan usaha-usaha lainnya.

Video Lengkapnya Klik Disini

Dari Lapas Klas I Malang Team Creative Wartapas melaporkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *