Peletakan Batu Pertama Pembangunan 2 Lantai Masjid At-Taubah Lapas Klas 1 Malang
September 10, 2018
Menyambut Tahun Baru Islam 1440. H
Oktober 11, 2018
Show all

Do’a Bersama Serta Dekralasi Hapus Buta Huruf Al-Qur’an Bagi Warga Binaan Dan Tahanan Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah

Do’a Bersama Serta Dekralasi Hapus Buta Huruf Al-Qur’an Bagi Warga Binaan Dan Tahanan Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah

      Dalam rangka menyambut tahun baru 1440 hijriyah  umat islam dipenjuru dunia begitu banyak yang merayakannya, tak luput pula semua warga binaan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan klas 1 Malang, mereka begitu antusias dalam memperingatinya, pelaksanaan peringatan tersebut berpusat  di masjid At-Taubah Lapas Klas 1 Malang pada Senin 10 September 2018. Acara ini dihadiri oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang Bapak Farid Djunaedi dan seluruh pegawai beserta staf  kantor Lapas Klas I  Malang. Selain untuk berdo’a bersama dalam menyambut tahun baru hijriyah ini, juga bertujuan sebagai dekralasi hapus buta huruf Al-Qur’an bagi warga binaan dan tahanan yang beragama islam.

Tahun baru islam atau yang disebut 1 muharrom 1440 H ini jatuh pada tanggal 11 september 2018,  Disebut dengan bulan muharrom karena bulan ini adalah bulan yang dikeramatkan, Dilarang berperang atau melakukan perselisihan pada bulan tersebut. Dibulan yang baru ini akan lebih baik jika melakukan hal-hal yang penuh dengan kebajikan, Seperti yang dilakukan oleh warga binaan pemasyarakatan Klas 1 Malang, dengan membaca do’a awal dan akhir tahun yang dapat dilakukan pada hari terakhir bulan Djulhijjah.

Acara do’a bersama ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh joko Mulyono sebagai qoriah dan Maulana Rifqi sebagai saritilawah, keduanya adalah Warga Binaan Pemasyarakatan yang sedang menjalani masa pidananya di Lapas Lowokwaru ini,  Kemudian acara ini dilanjutkan dengan sambutan Bapak Farid Djunaedi selaku kepala lembaga pemasyarakatan dan sekaligus membacakan surat terbuka dari Ditjen Pemasyarakatan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “manusia tidak ada yang sempurna tetapi wajib bagi kita untuk selalu menyempurnakan”, kata Bapak Farid. beliau menyadari bahwa seluruh umat manusia termasuk warga binaan yang hadir tidaklah ada yang sempurna, tetapi beliau tetap menghimbau kepada seluruh warga binaan Pemasyarakatan untuk selalu menyempurnakan kualitas hidupnya baik secara jasmani maupun rohani. Dalam sambutannya Beliau juga menyampaikan “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”, imbuh beliau. Beliau mengharapkan agar seluruh warga binaan Pemasyarakatan agar bisa bermanfaat bagi sasama, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dalam lembaga pemasyarakatan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan dekralasi hapus buta huruf al-qur’an yang dibacakan oleh salah satu warga binaan Pemasyarakatan yang bernama Muslimin, serta dilanjutkan dengan penyerahan 2 buah Al-Qur’an dari direktorat jendral pemasyarakatan kepada perwakilan warga binaan dan tahanan.

Setelah penyerahan 2 buah Al-Qur’an secara simbolis dilaksanakan, acara tersebut dilanjutkan dengan tausiyah  oleh Ustadz Badrus tentang pemahaman iqro’ dan fadilah membaca Al-Qur’an,   dan ditutup do’a akhir tahun bersama.

Setelah acara selesai  sembari menunggu adzan magrib  untuk memeriahkan tahun baru Hijriyah ini, Bapak Farid Djunaedi beserta seluruh santri At-Taubah keliling seluruh blok-blok hunian warga binaan dan tahanan, sambil mengalunkan tembang lir-ilir yang diiringi oleh hadrah Al-Banjari yang diikuti oleh seluruh santri pondok pesantren At-Taubah.  Seluruh warga binaan yang ada dalam blok pun penuh antusias seraya mengikuti alunan tembang Lir-ilir yang dipimpin oleh Bpk Farid Djunaedi tersebut.

Video Lengkapnya Klik Disini                                                                                                                                                                                 Dari Lapas Klas I malang team Creative Wartapas Melaporkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *