UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI LAPAS KLAS 1 MALANG
Oktober 12, 2018
PELATIHAN KONSTRUKSI BANGUNAN TAHAP UJI KOMPETENSI DILAPAS KLAS 1 MALANG
Oktober 18, 2018
Show all

Pembukaan Pelatihan Konstruksi Tahap II Bagi Peserta WBP Klas I Malang

Pembukaan Pelatihan Konstruksi Tahap II Bagi Peserta Warga Binaan Pemasyarakatan Dengan Tujuan Peningkatan Kapasitas Dibidang Jasa Konstruksi

Sejak hari pertama, para peserta pelatihan mendapatkan pembekalan dari para instruktur yang berpengalaman dan berkompeten, guna mendapatkan pemahaman yang komprensif kaitannya dengan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki sebagai seorang Ahli Manajemen Konstruksi Bangunan,  Pembukaan pelatihan konstruksi ini dilaksanakan di aula serbaguna lembaga pemasyarakatan klas 1 Malang pada 9 oktober 2018. Pembukaannya dilaksanakan dan disiarkan secara langsung, dengan metode teleconference yang berpusat di lapas Batam yang disaksikan oleh 12 Lapas di Indonesia yang salah satunya adalah  Lapas klas 1 Malang.  Sebelum acara dimulai para peserta warga binaan yang mengikuti pelatihan konstruksi ini diberikan perlengkapan dan keselamatan kerja, seperti helm proyek, sepatu, tas, baju, alat tulis, dan ID card peserta. sebelum acara dimulai bapak giyono selaku Ka.KPLP lapas kelas satu Malang  memberikan intermezzo dan semangat kepada peserta warga binaan dengan mengucapkan yel-yel.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut kerjasama MoU antara direktorat jendral bina konstruksi dengan direktorat jendral pemasyarakatan yang sudah ditandatangani beberapa hari lalu, ini bukan hanya MoU antara dua dirjen saja melainkan perjanjian dua mentri yaitu mentri pekerjaan umum dan mentri hukum dan HAM RI,  penandatanganan tersebut dilaksanakan beberapa waktu  lalu bersamaan pada saat pelatihan di Lapas nusakambangan Cilacap. Pelatihan ini nantinya akan dibagi dalam 3 bidang menurut kemampuan masing-masing, antara lain bidang pertukangan batu, bidang kayu dan bidang pertukangan besi dan  las.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang Bpk. Farid Djunaedi, Dalam  sambutannya beliau menyampaikan pada semua peserta untuk bisa memahami dan mengerti apa yang diperintahkan oleh para mentor-mentor pada bidangnya nanti.  “mudah-mudahan  ilmu yang didapatkan bisa menjadi acuan lebih untuk hidup saudara nanti ketika sudah bebas dan kembali bermasyarakat,” Imbuh beliau dalam sambutannya.

Pelatihan ini membutuhkan waktu selama 4 hari, dimana hari pertama pembagian bidang kerja dan pemberian  teori, hari kedua praktek lapangan, hari ketiga tes uji kompetensi dan hari terakhir adalah sertifikasi. Para peserta nantinya diberikan pengetahuan yang dilatih secara teori  pada hari pertama, kemudian dihari kedua akan diberikan peningkatan skill/kemampuan dan  keterampilan.  Diantara kedua tahap itu,  para peserta harus memberikan dan menerapkan attitude/ perilaku sikap yang baik sesuai standar. Hari ketiga merupakan proses uji kemampuan dimana kemampuan para peserta diuji secara personal maupun kelompok. Dan dihari  keempat adalah sertifikasi bagi peserta-peserta yang memenuhi persyaratan dan dinilai lulus dalam tahap pelatihan. Sertifikat  tersebut  nantinya bisa menjadi bekal para warga binaan setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan.

Diakhir acara pada hari pertama pembukaan pelatihan ini, terdapat pencanangan atribut keselamatan kerja dari kepala lembaga pemasyarakatan dan kepala dinas pekerjaan umum, kepada perwakilan peserta pelatihan konstruksi yang keseluruhan diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Klas 1 Malang, Proses pelatihan berlangsung dengan cukup baik. Penyampaian yang menarik dari setiap instruktur, antusiasme yang baik ditunjukan para  peserta, dan kesigapan panitia untuk meng-cover permasalahan-permasalahan yang terjadi selama proses pelatihan berlangsung, membutuhkan waktu selama 4 hari, tenaga dan pikiran ini bermanfaat untuk setiap elemen yang terlibat.

Video Lengkapnya Klik Disini

https://youtu.be/uwuEHxb5RF4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *