WORKSHOP BRIEF CONSELING DAN IN-DEPTH INTERVIEW PEGAWAI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 1 MALANG
Oktober 23, 2018
UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE-90 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 1 MALANG
Oktober 30, 2018
Show all

PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL DI LAPAS KLAS 1 MALANG

PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL DI LAPAS KLAS 1 MALANG

Hari Santri Nasional diperingati setiap tahunnya di Indonesia pada tanggal 22 Oktober, tak terkecuali pada 22 oktober 2018 ini, Hari Santri Nasional kembali diperingati dengan mengambil tema “Bersama Santri Damailah Negeri”.

Hari Santri Nasional diperingati di seluruh penjuru nusantara, yang tak luput pula di Lembaga pemasyarakatan kelas 1 Malang. Seluruh Santri pondok pesantren At-Taubah di Lapas kelas 1 Malang benyambut dan meryakan Hari Santri Nasional ini dengan penuh semangat dan keceriaan.

Seluruh Santri merayakannya dengan mengadakan kirab santri yaitu bersholawat al-banjari dengan mengelilingi seluruh blok hunian warga binaan, dan berkeliling sekitar Perkebunan Lembaga Pemasyarakatan Kas 1 Malang. Sebelumnya Bapak Farid Djunaedi selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan memberikan sambutan, dalam sambutannya beliau menyampaikan “ santri itu identik dengan islam, islam penuh dengan moral, islam penuh dengan lil alamin, oleh karena itu santri harus mencerminkan lil alamin, mencerminkan moral dan siritual,” ujar beliau dalam sambutannya. Acara kirab Santri dibuka oleh Bapak Farid Djunaedi.

Penetapan tanggal 22 Olktober sebagai Hari Santri Nasional ini disahkan oleh presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2015  melalui keppres Nomor 22 tahun 2015. Penetapan tersebut merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

Tanggal ditetapkannya hari santri tersebut memiliki kaitan langsung dengan peristiwa berdarah ketika bangsa Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaannya. Peristiwa tersebut adalah deklarasi resolusi jihad yang dilakukan pendiri Nahdatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy’ari di Surabaya pada tanggal 22 Oktober 1945.

Seusai acara kirab santri dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan  makan bersama dengan seluruh santri dengan dihibur oleh orkes pasti nyamleng yang menyanyikan lagu islami dan  dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh ustad Joko Mulyono.

Seusai pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilanjutkan dengan sambutan laporan Panitia oleh Bapak Syukron Hamdani yang dilanjutkan oleh sambutan Kalapas Bapak Farid Djunaedi. Dalam sambutannya beliau mengharapkan seluruh santri dapat mencerna dan melaksanakan petuah-petuah dari para ustad pembimbingnya dan tibalah pada acara inti yaitu tabligh akbar. Tabligh akbar dibuka dengan mengumandangkan sholawat dan ditutup dengan renungan do’a dan sholawat bersama kembali.

Setelah tausiah tabligh akbar dilaksanakan para santri dihubur oleh orkes gambus Nael elmunayang diselingi dengan pembagian-pembagian doorprize, pada saat pembagian doorprize Bapak giyono selaku Ka.KPLP memberikan intermezzo yang menambah wawasan kepada seluruh santri. Dan acara dilanjutkan kembali dengan hiburan orkes gambus hingga acara berakhir.

Dari lapas kelas 1 Malang team creative wartapas mewartakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *