PELATIHAN KONSTRUKSI BANGUNAN TAHAP UJI KOMPETENSI DILAPAS KLAS 1 MALANG
Oktober 18, 2018
PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL DI LAPAS KLAS 1 MALANG
Oktober 23, 2018
Show all

WORKSHOP BRIEF CONSELING DAN IN-DEPTH INTERVIEW PEGAWAI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 1 MALANG

WORKSHOP BRIEF CONSELING DAN IN-DEPTH INTERVIEW PEGAWAI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 1 MALANG

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang Bapak Farid Djunaedi mengadakan Workshop Brief Conseling Dan In-Depth Interview yang bekerja sama dengan HIMPSI (himpunan psikolog Indonesia). Workshop tersebut diadakan guna membahas permasalahan dan mencari solusi tentang masalah-masalah yang tengah dihadapi lapas Malang, salah satunya mengenai jumlah penghuni warga binaan yang overload (melebihi kapasitas) yang seharusnya Lapas Malang hanya mampu menampung 1.240 penghuni, akan tetapi pada saat ini jumlah penghuni Lapas Malang mencapai 2.944 penghuni warga binaan. Bukan hanya sampai disitu jumlah warga binaan yang terjerat kasus narkoba mencapai lebih dari 1.600 warga binaan, itu artinya warga binaan dengan kasus narkoba sudah melebihi setengah dari jumlah keseluruhan warga binaan.

Permasalahan ini bukan hanya sampai disini, akan tetapi warga binaan yang sekarang sudah tidak sama seperti warga binaan yang dulu. Dalam sambutannya Bapak Farid menyampaikan “ warga binaan saat ini sudah beda, jika dulu mereka berasal dari rakyat menengah bawah dan berpendidikan rendah, tetapi sekarang warga binaan kebanyakan berasal dari rakyat menengah atas dan berpendidikan tinggi seperti S1 bahkan ada yang menyandang gelar profesor,” ungkap beliau dalam sambutannya.

Hari pertama dalam workshop ini adalah breaf conselling, yaitu narasumber memberikan refresh terlebih dahulu kepada para pegawai lembaga pemasyarakatan dengan senam-senam kecil yang menghibur agar seluruh pegawai merasa rileks. Kemudian narasumber psikolog memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai untuk berkonsultasi tentang permasalahan atau hambatan dalam membina warga binaan.

Hari kedua dalam workshop membahas tentang pemahaman, teori tentang in-depth interview (Wawancara Mendalam), In-depth Interview adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan responden atau orang yang diwawancarai, dengan atau tanpa menggunakan pedoman (guide) wawancara, dimana pewawancara dan informan terlibat dalam kehidupan sosial yang relatif lama.

Disini dijelaskan teori in-depth interview seperti pengertian dan pemahaman, metode-metode, serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam in-depth interview ini. setelah penyampaian teori selesai, narasumber membuka sesi pertanyaan/ memberikan kesempatan kepada para pegawai untuk bertanya. Pegawai lembaga pemasyarakatan begitu antusias dalam mengikuti workshop ini, mereka begitu memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya jawab dengan narasumber tentang kendala-kendala yang dihadapi saat membina warga binaan

beranjak dari sesi pertanyaan acara dilanjutkan dengan praktek tentang in-depth interview ini. Disini ditunjukkan pengaplikasian teori yang sudah disampaikan, karena teori tidak akan sempurna tanpa adanya praktek. Pegawai diberikan kesempatan untuk mempraktekkan langsung tentang teori pendekatan in-depth interview ini agar mereka bisa menerapkannya pada saat membina warga binaan pemasyarakatan di lapas kelas 1 Malang. Demikianlah acara workshop Brief Conseling Dan In-Depth Interview Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang.

Dari Lapas kelas 1 Malang, Team Creative wartapas mewartakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *