UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE-90 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 1 MALANG
Oktober 30, 2018
KEGIATAN OUT BOND PESERTA ADMISI ORIENTASI ANGKATAN 81 LAPAS KLAS I MALANG
November 7, 2018
Show all

UPACARA HARI DHARMA KARYADHIKA DI LAPAS KLAS I MALANG

UPACARA HARI DHARMA KARYADHIKA KE-73 DI LAPAS KLAS I MALANG

Seluruh jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia memperingati Hari Dharma Karyadhika yaitu hari lahirnya KEMENKUMHAM, begitu pula yang telah dilaksanakan di lembaga pemasyarakatan Klas 1 Malang.Sejarah Kementerian Hukum dan HAM dimulai 73 tahun lalu, tanggal 19 Agustus 1945 dengan dibentuknya Departemen Kehakiman. Dalam perjalananya Departemen Kehakiman telah beberapa kali berganti nama, terakhir sejak tahun 2009 menjadi Kementerian Hukum dan HAM dan melalui  Keputusan Menteri Kehakiman RI No. M.06 – UM.01.06 tahun 1985 tanggal 30 Oktober ditetapkan sebagai peringatan Hari Kehakiman Republik Indonesia. Hari Dharma Karyadhika untuk menyebut hari lahirnya Kementerian Hukum dan HAM.

Bapak Kodir bertindak selaku Inspektur Upacara dan Bapak Dadang Rais Saputro sebagai pemimpin upacara. Upacara tersebut dibuka dengan dibacakan sejarah singkat  Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM).

Upacara Hari Dharma Karyadhika ini dihadiri oleh seluruh pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang, pegawai LPP klas 2 Malang dan pegawai Balai Pemasyarakatan serta Ibu-ibu Dharma Wanita.

Hari ini merupakan kesekian kalinya merayakan hari Dharma Karyadhika. Makna Dharma Karyadhika jika dipilah satu persatu ialah dharma yaitu sebuah istilah yang diambil dari bahasa sansekerta yang artinya suatu kewajiban, aturan dan kebenaran. Sedangkan karya adalah bekerja,hasil perbuatan atau buatan dan dhika adalah anak manusia yang diberikan kelebihan, sehingga jika diaplikasikan secara menyeluruh adalah manusia diberikan kelebihan untuk melakukan pekerjaan sesuai kewajibannya, aturan dan kebenaran.

Dalam amanat Instruktur upacara, Bapak Kodir membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI. Tahun 2018 telah sampai ujung penghabisan saatnya perkuat sinergitas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dengan solusi yang berkualitas sejalan dengan tema yang diusung tahun ini yaitu “sinergi kerja kami pasti”. Tema ini harus benar-benar diimplementasikan pada sebuah aspek birokrasi KEMENKUMHAM.

Seusai upacara , acara dilanjutkan dengan tasyakuran bersama didalam aula serbaguna lapas klas 1 Malang. Tasyakuran ini diadakan sebagai wujud tanda syukur. Tasyakuran dibuka dengan sambutan oleh Bapak Kodir, dalam sambutannya beliau menyampaikan “mulai tahun depan acuan remunerasi bukan pada absensi melainkankan pada kinerja yang harus diisi oleh setiap petugas”. Ucap Bapak Kodir. Acara dilanjutkan pemberian tali asih yang diberikan kepada pegawai yang purna tugas kemudian Dilanjutkan dengan pembacaan  do’a yang dipimpin oleh Bapak Djoko Waluyo selaku Kasi Bimkemasy Lapas Klas I Malang.

Sampailah pada inti acara yaitu tasyakuran dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh beberapa perwakilan pegawai dari Lembaga pemasyarakatan Klas 1 Malang, pegawai Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas 2.A Malang dan pegawai Balai Pemasyarakatan Klas I Malang (BAPAS)  dan acara ditutup dengan hiburan dari Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Klas II A. Malang, dengan pertunjukan Dancer, dilanjutkan dengan  pertunjukan seni ketoprak dengan judul Asal mula Kota Banyuwangi (Trisno Saboyo Pati) yang diperankan oleh  warga binaan pemasyakatan Klas I Malang

Dari lapas klas 1 Malang team creative wartapas, mewartakan. Video Lengkapnya Klik Disini

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *