Kegiatan pembinaan disiplin, pengembangan pegawai dan sosialisasi simpeg 017
Desember 5, 2018
Kegiatan pramuka di pondok kreatif Lapas Klas I Malang
Desember 19, 2018
Show all

Peresmian Pondok Kreatif, Pramuka & Santri Lapas Klas I Malang

Peresmian Pondok Kreatif, Pramuka & Santri Lapas Klas I Malang

Pada Rabu tanggal 5 Desember 2018, bertempat di halaman depan aula serbaguna Lapas Klas I Malang diadakan kegiatan peresmian pondok kreatif Pramuka, Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang yaitu Bapak Farid Djuneidi Bc.IP.S.SOS,MH, Beliau didampingi oleh pembina pramuka Bapak Harijonursiswoijo A.Ks.. Dan di ikuti oleh seluruh anggota pramuka, peserta AO, KADER kesehatan dan perwakilan santri yang didampingi oleh instruktur.

Sebelum acara peresmian dibuka Bapak Farid memberikan sedikit sambutan kepada para peserta yang saat itu menjadi pembina dalam upacara. Dalam sambutannya Bapak Farid menyampaikan bahwa tujuan kegiatan-kegiatan yang di berikan dilembaga pemasyarakatan Klas I Malang ini adalah untuk membangun manusia-manusia yang mandiri, Kreatif bermartabat dan juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar, Untuk itulah pondok kreatif pramuka ini dibentuk. Kata Bapak Farid dalam sambutannya.

Selain memberikan keterampilan prbadi, pramuka juga mengajarkan tentang kebersamaan. Pramuka mengajarkan untuk bekerja sama dengan orang lain, dalam segala kegiatan yang dilakukan, Baik itu secara kelompok ataupun individu, Selain itu pramuka juga mengajarkan tentang cara berorganisasi dan juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Dalam organisasi kepramukaan di Lapas Klas I Malang ini, setiap anggota dituntut untuk bertanggung jawab, aktif dalam kegiatan organisasi kepramukaan, baik di dalam lapas ataupun ketika mereka telah kembali pada masyarakat nantinya. Hal itu tentunya memberikan pengalaman yang sangat berguna bagi mereka, terutama dalam dunia kerja, Selain kemampuan akademik, kemampuan organisasi juga sangat diperhitungkan dalam seleksi masuk pekerjaan. Jiwa pramuka yang disiplin, cakap dalam berpikir, sopan, dan bertanggungjawab sangat dibutuhkan dalam kehidupan diluar ketika mereka bebas nantinya.

Begitu banyak ilmu dan pengalaman yang bisa didapat dari kegiatan pramuka. Oleh karena itu, pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa.

Dengan menumbuhkan jiwa kepemimpinan dilapas klas I Malang ini, diharapkan mampu menjadikan warga binaan yang tangguh, terampil dan kreatif saat mereka menjalani kehidupan normal bersama keluarga dan lingkungan sekitar mereka nantinya.

Dalam kegiatan upacara ini juga di bacakan Dasadharma Pramuka yang dibacakan oleh Asrul Fauzi Yahya selaku anggota Pramuka, dan diikuti oleh semua peserta upacara, kemudian doa kegiatan upacara ini dibacakan oleh salah satu santri Pondok Pesantren At-Taubah.

Setelah itu perismian Pondok Kreatif Pramuka dilakukan dengan memotong pita Oleh Bapak Farid Junaedi sebagai simbolik bahwa Pondok Kreatif Pramuka resmi dibuka. Acara dilanjutkan dengan menanam bibit pohon buah di area sekitar pondok yang dilakukan oleh Kalapas dan Bapak Siswoyo sapaan akrab pembina pramuka, yang di ikuti oleh para petugas yang hadir dan dibantu oleh para peserta upacara, Bpk Farid juga melepaskan bibit ikan lele kedalam kolam pancing Lapas Klas I malang. Kemudan acara dilanjutan dengan mancing mania, kali ini kalapas mampu menunjukan keberuntungannya dengan stik pancing yang beliau lemparkan, tak butuh waktu lama Bpk Farid bisa mendapatkan ikan dari kail pancingnya. Para petugas pun juga ingin mencoba keberuntungan, dan benar saja keberuntungan sangat dekat dengan mereka.

 

Dari lapas klas I malang, tim kreatif wartapas mewartakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *