Safari Ulama, Lapas Klas 1 Malang Kedatangan Syeikh Smith dari Yaman
Februari 2, 2019
Sparing Voli WBP Lapas Klas 1 Malang dengan Tim Voli Universitas Brawijaya
Februari 11, 2019
Show all

Peresmian Sanggar Seni Budaya dan Lukis Lapas Klas 1 Malang

Peresmian Sanggar Seni Budaya dan Lukis Lapas Klas 1 Malang

Sabtu, 10 Februari 2019, Lapas Klas 1 Malang menggelar acara peresmian galeri seni lukis di bimker handycraft, serta pengukuhan pengurus seni bina budaya lapas kelas 1 malang, menggelar pertunjukan wayang kulit bersama ki dalang gondrong samudro kusumo, dalang edan sabet alap alap dari blitar, anak didik dari ki dalang edan entus susmono, bupati tegal almarhum. Dengan lakon Tumuruning Wahyu Betoro Suryo, Wahyu pengayoman ki semar bodronoyo. Harapan Kedepannya, mudah mudahan dengan menggelar acara ini menciptakan suasana adem ayem tentrem di lapas klas 1 malang “ ujar ki dalang gondrong samudro kusumo, serta dengan adanya pak kalapas baru bapak yudi suseno, mudah mudahan bapak kalapas setelah menerima wahyu pengayoman ( wahyu betoro suryo ) bisa mengayomi warga binaan lapas kelas 1 malang menjadikan warga binaan yang kreatif, mandiri, dan inovatif. Bapak kalapas Juga berkata bahwa bulan bulan berikutnya akan diadakan pertunjukan wayang kulit lagi, di lokasi depan pintu 3, dengan pagelaran yang lebih heboh lagi.

Dibimbing oleh pak joko waluyo, Sanggar Seni Bina Budaya Lapas Kelas 1 Malang berupaya untuk tetap melestarikan budaya budaya asli Indonesia Khususnya wayang kulit dan karawitan, sesuai yang diwasiatkan oleh kanjeng sunan kalijaga. Di sela kegiatan wayang kulit berlangsung, penonton juga dapat menikmati lukisan lukisan karya WBP Lapas Klas 1 Malang, yang mana pada saat itu juga sedang terdapat WBP yang mengerjakan lukisannya.

Pemilihan judul turun nya wahyu betoro suryo atau wahyu pengayoman tersebut memiliki fungsi filosofis tersendiri, yaitu pesan kepada para penonton untuk lebih meningkatkan jiwa pengayoman terhadap lingkungan, baik dari petugas kepada para WBP, atau sebaliknya, semuanya akan saling mengayomi dan saling membutuhkan.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar dan tertib, para hadirin pun juga menyambut dengan antusias dengan digelar nya pagelaran wayang kulit tersebut. Maka kedepannya akan lebih ditingkatkan lagi kualitas dari Pagelaran tersebut dengan persiapan yang tentunya lebih matang, dukungan demi dukungan pun juga sangat dibutuhkan dalam proses pelestarian budaya ini. Selain itu, partisipasi juga sangat diharapkan lebih lebih dapat melanjutkan proses regenerasi Sanggar Seni tersebut.

Dari Lapas Klas 1 Malang, Tim Kreatif Wartapas Mewartakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *