Pelatihan CMT dan LMT bagi WBP Lapas Klas 1 Malang
Februari 13, 2019
Pengambilan Sumpah Anggota Rupam dengan Al-Quran untuk tidak memasukan HP dan narkoba dalam Rangka Laporan Progresif bebas Peredaran HP dan Narkoba Lapas Klas 1 Malang
Maret 5, 2019
Show all

KEGIATAN SANGGAR “KREATIF”  PRAMUKA LAPAS KELAS 1 MALANG

KEGIATAN SANGGAR “KREATIF”  PRAMUKA LAPAS KELAS 1 MALANG

Pada hari ini selasa, tanggal 26 Pebruari 2019, anggota pramuka sanggar “ kreatif” lapas kelas 1 Malang mengadakan latihan rutin mingguan.

Sanggar ini terwujud berkat program inovasi yang dikembangkan oleh anggota Warga Binaan Kemasyarakatan (WBP) di bawah bimbingan Kasi Binkemasy ,Bpk.Djoko Waluyo,S.Psi,M.Si bersama Pembina Pramuka Lapas kelas 1 Malang, Bpk. Harijo Nursiswoyo. A.Ks,bekerja sama dengan Kwarcab Kota Malang menggelar program inovativ anggota pramuka lapas kelas 1 Malang di bidang pertanian dan perikanan.

Kwarcab Kota malang, menugaskan dua orang kakak Pembina dalam kegiatan tersebut, yaitu, Kak Syamsul Hadi dan Kak Moch. Lendra.Kedua kakak Pembina dari Kwarcab ini berkualifkasi “Mahir lanjut” yang diharapkan dapat memberikan pembinaan dasar-dasar Kepramukaan dan program-program inovatif

 

pada anggota pramuka yang terdaftar sebagai warga binaan dari Bidang Pembinaan Lapas Kelas 1 Malang yang dipimpin oleh Bpk. Syukron hamdani, A.md,IP,S.Ag,MM.

Kabid Pembinaan bersama jajarannya telah mengembangkan berbagai profram pembinaan di Lapas kelas 1 Malang antara lain telah membidani lahirnya “ pondok kreatif” Lapas Kelas 1 Malang. Program mendasar yang ingin dicapai adalah melahirkan WBP berkualitas unggul yang beridiologi Pancasila dan UUD 1945, berjiwa Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka yang dapat dijadikan panutan dan tauladan bagi WBP lain, produktif,inovatif, bebas narkoba dan zero pelanggaran.

Salah satu program inovatif unggulan Pramuka lapas Kelas 1 Malang adalah pembinaan bidang perikanan dan pertanian.

Dalam bidang pertanian ,anggota pramuka lapas kelas 1 Malang diajarkan cara bercocok tanam kebun hrticultura seperti menanam cabe, tomat, sawi, terong dll. Sedangkan dalam bidang perikanan para anggota pramuka diajarkan cara budidaya ikan, lele,mujaer,patin,nila dan ikan Koi.

Kalapas Kelas 1 Malang,Yudi Suseno, Bc.Ip, S.Pd.M.Si, telah memberikan dukungan yang nyata dalam program ini, dengan memberikan fasilitas lahan pertanian dan kolam perikanan kepada Kasi Binkemasy untuk digunakan sebagai sarana pelatihan dan praktek pertanian dan perikanan anggota pramuka lapas Kelas 1 Malang.

Kegiatan ini ke depan diharapkan dapat lebih berkembang menjadi kolam pembibitan dan pembesaran dan kolam pemancingan  sehingga dapat diharapkan menjadi nilai tambah secara ekonomis bagi anggota WBP.

Dalam kegiatan hari ini, selain bimbingan inovatif bidang pertanian dan perikanan, Kedua Kakak Pembina dari Kwarcab Kota Malang di dampingi oleh Kamabigus, Kak Harijo Nursiswoyo, juga memberikan materi berbangsa dan bernegara dan kegiatan outbond beregu.

Kegiatan latihan hari ini di awali pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB .

Tim Creative lapas kelas 1 Malang melaporkan dari lapas kelas 1 Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *