Monitoring Langsung Pembangunan Sarana Asimilasi Edukasi (SAE)
Maret 12, 2020
Kunjungan Kepala Balitbang Kemenkumham RI di SAE Ngajum Lapas Kelas I Malang
Maret 12, 2020
Show all

Jambore Sampah

Malang – Sabtu (29/02) Lapas kelas I Malang mengikuti acara Jambore Sampah memperingati HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL 2020 yang berlangsung di TPA EDUKASI TALANGAGUBG KEPANJEN. Acara dimulai pukul 13.00 pada hari Jumat (28/02) yang akan ditutup pada siang hari ini. Dibuka dengan sambutan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Budi Iswoyo. Tim yang dikirim dari lapas beranggotakan 5 orang, yang terdiri dari 2 petugas dan 3 WBP. Diadakannya kegiatan ini bertujuan meningkatkan moral peduli sampah di lingkungan Kota Malang. Serta yang paling penting adalah tentang pengelolaan sampah untuk kesejahteraan masyarakat Malang.
.
Jambore ini mencakup segala usia dari pelajar tingkat dasar hingga tingkat komunitas dan karang taruna dengan jumlah total peserta 209 orang. Pada salah satu kegiatan 3 WBP wakil Lapas menjadi pemateri dalam pengelolaan sampah organik. Mengusung andalan “Magot Sebagai Sumber Ekonomi Desa” langsung mendapatkan perhatian khusus dari pihak panitia dan peserta. Budidaya Magot adalah cara lapas untuk menguraikan sampah organik dan sekaligus menghasilkan pakan ternak mandiri. Budidaya ini sudah hampir setahun diterapkan oleh Siswoyo dan kawan-kawan selaku Petugas yang merangkap Tim Budidaya Magot.
.
“Awalnya kami hanya ingin menghabiskan atau mengurai sampah dari dapur lapas, namun seiring perkembangan, uji metode dan kerjakeras tim, justru kini kami bisa memproduksi pakan ternak dari Magot. Modalnya hanya sampah, tapi justru kami dapat berproduksi dan mendapatkan pemasukan. Ini yang ingin kami sampaikan ke masyarakat luas, bahwa sebenarnya ada cara jitu untuk mengolah sampah (organik). Dan itu sudah berkembang di Lapas kami” tutur Siswoyo pada diskusi santai siang ini. “Semoga kedepan Lapas Malang semakin berkembang dalam segala bentuk kepedulian lingkungan. Serta menjadikan Lapas Malang sebagai lapas percontohan dalam pengelolaan sampah khususnya.”, tambahan dari Dade Aktama, petugas yang ikut bergabung dalam tim.

L’SIMA PASTI APIK !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *