L’SIMA SEMAKIN PASTI DENGAN ADANYA SOSIALISASI CORPORATE UNIVERSITY OLEH KALAPAS
Juni 16, 2020
KA KANWIL KEMENKUMHAM JATIM RESMIKAN MUSEUM PENDJARA LOWOKWAROE
Juni 18, 2020
Show all

INILAH JAWABAN DARI PERMASALAHAN SAMPAH DI LAPAS / RUTAN DI INDONESIA .

Malang – Jumat (12/06) Indonesia termasuk ke dalam 10 besar Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Hal ini tidak menutup kemungkinan menimbulkan sejumlah persoalan lanjutan, diantaranya adalah produksi sampah dan pembuangannya. Sampah adalah masalah klasik di Indonesia. Dari sampah sembarangan hingga penggunaan sampah plastik yang pemakaiannya sudah dibatas darurat. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan bahwa tahun 2019 sampah di Indonesia mencapai 68 juta tons. Sedangkan plastik sampah diperkirakan mencapai 9.52 tons, produksi sampah terus meningkat setiap tahun. Rata-rata naiknya mencapai satu juta ton setiap tahunnya.
.
World Economic Forum (WEF) memprediksi pada 2050 mendatang, jumlah plastik di lautan akan lebih banyak dibanding ikan. Mereka memperkirakan bahwa 2050 mendatang, jumlah plastik yang diproduksi secara global meningkat tiga kali lipat menjadi 1,124 miliar ton.
Tentunya kondisi ini juga sama juga dialami seluruh Lapas/Rutan se – Indonesia yang penghuninya juga sudah over crowding sehingga berbanding lurus dengan sampah yang dihasilkan oleh para tahanan / narapidana.
.
Sehingga hal tersebut yang mendasari Kepala Lapas Kelas I Malang, Agung Krisna untuk mengadakan pelatihan pengolahan limbah sampah yang ada di Lapas Malang . Hari ini 40 narapidana melalui media virtual aplikasi zoom bekerja sama dengan PT. Swen Innovasi Transfer terima pelatihan pengolahan sampah yang dibagi dalam 2 kelas. Sesi pertama mereka mendapatkan materi di ruang kelas KPSD (Kesetaraan Pendidikan Setingkat Dasar). Dan sesi berikutnya untuk 15 hari kedepan mereka langsung mendapatkan pembelajaran praktek langsung di lapangan, kata Kalapas.
.
(Lanjut dikolom komentar)
.

L’SIMA PASTI APIK !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *