MENDAPAT PENGUATAN DARI STAF KHUSUS MENTERI, LSIMA SATU JIWA PASTI WBBM
Agustus 14, 2020
PEMBERIAN REMISI UMUM DALAM RANGKA HUT RI 75
September 24, 2020
Show all

PARADE NUSANTARA L’SIMA, PERSEMBAHAN UNTUK INDONESIA

Adalah Sebuah pagelaran seni yang mengangkat nilai – nilai sejarah dan budaya yang bertepatan dengan HUT RI ke – 75. Didalamnya ditampilkan serangkaian acara persembahan dari Warga Binaan Lapas Kelas I Malang untuk Indonesia.
.
Pagelaran seni ini diawali dengan seni teatrikal oleh Warga Binaan yang bertemakan tentang memorial perjuangan para pahlawan Indonesia melawan penjajah kolonial belanda dalam memperebutkan kemerdekaan hingga dibacakannya teks proklamasi yang memberi kabar kepada masyarakat bahwa Indonesia telah merdeka dan tekbentuklah Pancasila, Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda – beda tetapi tetap satu jua dalam wujud “Tarian Kolosal” mulai dari Sabang – Merauke.
.
Sebagai pembuka seni “Tarian Kolosal”, disuguhkan tarian asli dari Daerah Malang yaitu “Tari Topeng Malangan – Kelona Gagah”, suguhan ini diberikan kepada penonton parade karena Lapas Kelas I Malang bertempatkan di Kota Malang, Jawa Timur. Selanjutnya akan disambung oleh Tari Saman (Aceh), Tari Tor – tor (Sumatera Utara), Tari Piring (Padang), Tari Cokek (Betawi / DKI Jakarta), Tari Jaipong (Jawa Barat), Tari Cublak – cublak Suweng (Jawa Tengah), Tari Kuda Lumping (Jawa Timur), Tari Janger (Bali), Tari Dayak (Kalimantan), Tari Sipatokaan (Sulawesi), Tari Orlapei (Maluku), Tari Maumere (Nusa Tenggara Timur), dan diakhiri dengan Tari Yamko Rambe Yamko (Papua). Parade ini diiringi dengan musik adat setiap daerah yang seluruh musiknya diaransemen oleh Warga Binaan Lapas Kelas I Malang. Bisa dikatakan, Parade ini adalah gambaran seluruh wujud Kebinekaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 75.
.”Sebuah kebanggaan dapat menyuguhkan salah satu pertunjukan atau mahakarya terbaik warga binaan. Mereka benar benar dari 0. Membuat alat dan kostum sendiri. Belajar bersama, saling tukar ilmu. Hingga bisa tampil di saksikan banyak orang dan juga live di media sosial/virtual.” Ungkapan rasa bangga dari Kalapas.
.
L’SIMA PASTI APIK !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *