BANGUN ZONA INTEGRITAS KAKANWIL SUMSEL DAN TIM KUNJUNGI L’SIMA GUNA STUDI TIRU
Oktober 16, 2020
DOSEN DAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANG AJAK WBP LAPAS KELAS I MALANG PRODUKSI MASKER DAN FACE SHIELD MANDIRI
Oktober 16, 2020
Show all

WARGA BINAAN MELEK SEJARAH LEWAT NONTON BARENG FILM G30S/PKI

Malang – Rabu (30/09) Banyak peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang harus diingat oleh masyarakat, apalagi generasi muda. Salah satunya adalah peristiwa Gerakan 30 September atau yang biasa dikenal dengan nama G30S/PKI.

Peristiwa ini terjadi pada 30 September hingga 1 Oktober 1965 di Jakarta dan Yogyakarta ketika enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta.

Pada tahun 1984, film tentang peristiwa ini yang berjudul Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI dirilis. Film ini diproduksi oleh Pusat Produksi Film Negara yang saat itu dimpimpin Brigjen G. Dwipayana yang juga staf kepresidenan Soeharto.

“Film itu kami putarkan kembali, untuk ditonton para warga binaan khususnya yang tergabung dalam Masa Admisi Orientasi (AO) Warga Binaan agar mereka melek akan sejarah.” Ungkap Siswoyo, petugas selaku pembina AO setelah memimpin apel dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya sebelum Film di putar. “Ini merupakan bagian dari program pembinaan kepribadian tantang sikap berbangsa dan bernegara. Lewat program-program seperti ini kami berupaya menumbuhkan rasa nasionalisme dan sikap bela negara kepada warga binaan baru”, tambahnya. Kegiatan ini sendiri rutin diadakan tiap tanggal 30 September di Lapas I Malang. Namun kali ini sedikit berbeda karena warga binaan wajib memakai masker dan jaga jarak. Dan pesertapun dibatasi tidak lebih dari 60 orang termasuk para panitia demi mematuhi protokol kesehatan di dalam Lapas.
.
L’SIMA PASTI APIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *