POTRET SEMANGAT JAJARAN L’SIMA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN 2020
November 10, 2020
PIMPIN ZIARAH KE MAKAM HAMID RUSDI, KALAPAS AJAK PARA TUNAS PENGAYOMAN UNTUK MENELADANI PERJUANGAN PAHLAWAN
November 10, 2020
Show all

DALAM SUASANA HARI PAHLAWAN, KALAPAS AJAK JAJARAN NAPAK TILAS PERJUANGAN KE MUSEUM PENDJARA LOWOKWAROE

Malang – Selasa (10/11/2020) Usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 dengan tema “Pahlawanku Sepanjang
Masa” dilaksanakan terpusat dari Aula Oemar Seno Adji Lt.18, Ditjen KI Gedung Ex. Sentra
Mulia, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jakarta lewat daring, Kalapas I Malang, Anak Agung Gde Krisna mengajak jajarannya menengok kembali Museum Pendjara Lowokwaroe. Ia menyampaikan bahwa penting bagi generasi penerus bangsa untuk selalu mengingat jasa para pahlawan. “Mari kita tengok museum Pendjara Lowokwaroe sebelum kembali berdinas. Biar kita selalu ingat bagaimana perjuangan para pahlawan atau para pendahulu kita memberikan segalanya untuk bangsa dan negara”, tutur Kalapas.
.
Museum Pendjara Lowokwaroe memang memiliki banyak koleksi benda antik dari jaman perjuangan. Salah satunya adalah Truk Pemasyarakatan. “Konon dulunya truk ini yang pernah dioperasikan saat Pahlawan Hamid Rusdi menjadi sipir sekaligus supir di masa penjajahan Jepang. Ada kok fotonya saya tau”, cerita Kalapas kepada para jajaran. Hamid Rusdi adalah sosok pahlawan asli Malang, yang memulai pengabdiannya sebagai sipir di lapas ini sebelum tergabung dalam Badan Keamanan Rakyat atau sekarang disebut TNI. “Nanti sore kita akan ziarah ke Makam Pahlawan Hamid Rusdi, biar lengkap perjalanan napak tilas ini. Kita doakan arwah para pahlawan agar ditempatkan di tempat yang terbaik di sisiNya.” tutur Kalapas.

(Humas Lapas Kelas I Malang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *