DALAM SUASANA HARI PAHLAWAN, KALAPAS AJAK JAJARAN NAPAK TILAS PERJUANGAN KE MUSEUM PENDJARA LOWOKWAROE
November 10, 2020
PETUGAS REGISTRASI JEMPUT BOLA UNTUK BERIKAN HAK WARGA BINAAN
November 11, 2020
Show all

PIMPIN ZIARAH KE MAKAM HAMID RUSDI, KALAPAS AJAK PARA TUNAS PENGAYOMAN UNTUK MENELADANI PERJUANGAN PAHLAWAN

Malang – Selasa (10/11/2020) Selepas Apel Sore, Kalapas I Malang, Anak Agung Gde Krisna bersama para jajaran mengajak para pemuda atau Tunas Pengayoman untuk melaksanakan ziarah atau tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati, Malang. “Kami akan melaksanakan tabur bunga ke makam pahlawan Hamid Rusdi. Beliau adalah pahlawan asli dari Malang yang menjadi komando gerilya melawan Belanda bersama arek-arek Malang”, tutur Kalapas sedikit menceritakan perjuangan Hamid Rusdi di saat memimpin apel. Beliau juga menceritakan bahwa, Hamid Rusdi pernah menjadi seorang sipir di Lapas Lowokwaroe. “Sebelum menjadi anggota TNI, di masa penjajahan Jepang Hamid Rusdi pernah bekerja sebagai sipir di penjara Lowokwaroe atau sekarang Lapas I Malang. Disini beliau di gembleng untuk menjadi seorang prajurit sebelum beliau bergabung bersama anggota TNI.” tutur Kalapas.
.
Singkat cerita, Hamid Rusdi lahir di Malang tahun 1911. Saat muda beliau aktif bergabung dengan organisasi pemuda bentukan Nahdlatul Ulama (NU). Lalu bekerja sebagai sipir penjara Lowokwaroe di era Jepang. Karena ketangkasan beliau akhirnya bergabung bersama Badan Keamanan Rakyat atau sekarang TNI. Hamid Rusdi berada di garda depan untuk memukul mundur tentara Belanda pada saat agresi militer ke II. Setelah berhasil mengusir Belanda dari Indonesia, Hamid kembali mengambil komando dan memimpin pasukan untuk memberantas PKI di Donomulyo, Malang Selatan.
.
Atas seluruh jasa Hamid Rusdi untuk Indonesia, Ia diberi gelar Pahlawan Nasional dan namanya di abadikan sebagai nama jalan dan juga terminal di Kota Malang.
“Sebagai generasi penerus, kita wajib meneruskan perjuangan. Kini kita berjuangan untuk mengisi Kemerdekaan dengan hal positif. Yakni berjuang memberikan pelayanan prima kepada masyarakat untuk memajukan negeri ini. Berjuang melawan covid-19 dengan tetap produktif di mas pandemi”, pesan Kalapas.

(Humas Lapas Kelas I Malang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *