MENPAN-RB DATANGI L’SIMA, ADA APAKAH ?
Desember 5, 2020
KUNJUNGAN KERJA SEKJEN KE SAE L’SIMA DALAM RANGKAIAN KEGIATAN RAKERKOL KEMENKUMHAM JATIM
Desember 5, 2020
Show all

PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PUSKESMAS NGAJUM BERIKAN EDUKASI RUMUS “ABCDE” KEPADA WARGA BINAAN

Malang – Selasa (01/12/2020) tanggal 1 Desember telah ditetapkan sebagai hari AIDS Sedunia untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Inilah yang menjadi latar belakang jajaran dari Puskesmas Ngajum, Kabupaten Malang untuk berkunjung ke Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) L’SIMA yang berada di Desa Maguan, Ngajum. Pada kesempatan ini, warga binaan yang sedang mendapat pembinaan atau menjalani asimilasi di SAE berkesempatan mendapatkan penyuluhan atau edukasi tentang AIDS. Diantaranya yang menjadi fokus Siti Roqayah, selaku Bidan dari Puskesmas Ngajum adalah untuk mengenalkan warga binaan dengan konsep menurunkan angka kasus HIV/AIDS di Indonesia, yakni rumus ABCDE sebagai cara pencegahan HIV/AIDS.

– A (abstinace) adalah tidak berhubungan seks di luar nikah. Sosialisasi dan edukasi mengenai HIV/AIDS dan kesehatan reproduksi dilakukan mulai dari siswa siswi SMP atau remaja.

– B (be faithful) adalah saling setia pada pasangan. 

– C (condom), yaitu penggunaan kondom saat berhubungan seksual. Penggunaan kondom ini dinilai sangat efektif mencegah penularan HIV.

– D (don’t use drugs) atau tidak memakai narkoba. Kasus penularan HIV juga banyak terjadi pada pengguna napza suntik secara bergantian.

– Terakhir, yaitu E (equipment) yang artinya menggunakan peralatan steril.

Dengan adanya penyuluhan atau edukasi seperti ini, Puskesmas Ngajum berharap pula adanya peningkatan pemahaman oleh warga binaan. Juga menumbuhkan kesadaran yang lebih besar tentang dampak AIDS terhadap keluarga, dan tidak ada lagi diskriminasi terhadap para penderita.
.
Kuatno, selaku petugas Lapas I Malang yang mengawal kegiatan warga binaan di SAE menyampaikan terimakasih atas kedatangan petugas Puskesmas Ngajum. “Kami ucapkan terimakasih, Bu Bidan dan kawan-kawan dari Puskesmas Ngajum telah memberikan ilmu pada kami. Warga binaan merasa diperhatikan”, ungkap Kuatno.

Humas Lapas Kelas 1 Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *