STAF AHLI SAMPAIKAN 4 (EMPAT) PESAN SEKJEN KEMENKUMHAM
Mei 27, 2021
SILATURAHMI KALAPAS KELAS I MALANG DENGAN BUPATI MALANG
Mei 29, 2021
Show all

WARGA BINAAN LAPAS KELAS I MALANG CIPTAKAN PELET IKAN BERPROTEIN TINGGI DARI LARVA LALAT

Malang – Selasa ( 26/05/21 )Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas I Malang berhasil mengembangkan pelet ikan berprotein tinggi dari larva lalat yang berkembang pada sampah organik. Adapun larva lalat yang dikembangkan merupakan lalat Black Sodier Fly (BSF).

“Lalat BSF ini larvanya sangat rakus dalam mengurai aneka sampah organik, seperti sampah rumah tangga, sisa nasi, sisa sayuran, hingga daun-daunan kering. Setelah melaksanakan tugasnya mengurai sampah, barulah larva lalat kita panen sebagai bahan pembuatan pelet,” ujar Walet selaku tamping Pengolahan Sampah.

Pertama, larva yang telah memasuki fase Pre Pupa dipisahkan dari larva lain. Larva tersebut kemudian dimatikan dengan cara dioven sampai kering dan dijadikan serbuk. Proses selanjutnya, serbuk larva dicampur dengan bahan-bahan lain yang diperlukan untuk membuat pelet, seperti dedak, bekatul, air, dan tepung kanji.

“Sehingga sampah yang selama ini hanya dibuang dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi pakan ikan, pakan burung, pakan ayam dan lain sebagainya. Sehingga produk ini bisa bermanfaat untuk yang lainnya juga ” tegas Kalapas RB Danang Yudiawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *