Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan – Tidak ada satupun orang yang ingin penyakit menghampirinya. Oleh karena itu, berbagai tindakan pencegahan pun juga dilakukan, salah satunya dengan asuransi kesehatan. Tentu saja kamu sudah tahu, jika biaya yang diperlukan untuk berobat di rumah sakit relatif cukup mahal.

Apalagi kita juga tidak akan tahu kapan penyakit akan menghampiri kan? Dengan adanya asuransi ini, bila nantinya kamu harus berobat ke rumah sakit sudah tidak perlu membayar. Jika harus membayar pun, tidak akan semahal jika tidak menggunakan asuransi.

Pengertian dari asuransi kesehatan secara singkat, yakni sebuah produk asuransi yang menangani berbagai macam masalah kesehatan tertanggung. Hal ini berkaitan dengan tanggungan biaya untuk proses perawatan yang harus dijalani.

Cara Kerja Asuransi Kesehatan

Apa-Itu-Asuransi-Kesehatan

Pihak asuransi akan menanggung atas pembayaran biaya bedah, medis, dan juga biaya perawatan kesehatan yang telah ditawarkan oleh penyedia layanan. Pada umumnya, biaya yang akan ditanggung oleh pihak asuransi seperti sakit, cacat, cedera, hingga kematian yang dikarenakan kecelakan.

Nantinya pihak asuransi yang telah menerbitkan polis (perjanjian) kesehatan bisa mengganti biaya yang ditimbulkan oleh beberapa hal di atas, atau membayarkan biaya perawatan secara langsung. Jadi pihak tertanggung sudah tidak perlu berpikir tentang biaya rumah sakit lagi.

Beberapa contoh perusahaan asuransi untuk kesehatan swasta seperti halnya AIA, Allianz, Prudential, Manulife, dan Cigna. Beberapa perusahaan asuransi yang disebutkan tersebut, kini sudah tersebar secara luas di dunia.

Simak Juga  Manajemen Adalah

Perusahaan asuransi tersebut biasanya akan menawarkan paket asuransi pada para karyawannya untuk dijadikan sebagai jaminan perlindungan. Jenis pembayaran premi juga beragam, ada yang dipotong dari gaji karyawan, dan ada juga yang mendapat tambahan berupa bayaran dari perusahaan.

Fungsi dari Asuransi Kesehatan

Fungsi-dari-Asuransi-Kesehatan

Bisa dikatakan jika asuransi kesehatan memiliki banyak sekali fungsi, dan fungsi yang paling utama yakni menjadi cadangan dana pembayaran biaya pengobatan. Seperti yang diketahui, salah satu alasan banyak orang menggunakan layanan asuransi yaitu biaya pengobatan yang relatif tinggi.

Mungkin saja saat ini badan kamu masih sehat, namun tidak ada yang tahu dan dapat memprediksi apa yang akan terjadi beberapa waktu kedepan. Untuk itu, asuransi ini bisa menjadi jaminan untuk meringankan beban jika resiko tersebut terjadi. Selain itu, masih ada fungsi asuransi kesehatan seperti berikut ini.

  • Bisa digunakan untuk mengganti atau meringankan beban pengobatan rawat jalan.
  • Bisa digunakan untuk mengganti atau meringankan beban pengobatan rawat inap.
  • Sifatnya efisien dan juga praktis, karena kamu tidak perlu meminjam uang kepada kerabat, keluarga, atau orang lain untuk pengobatan ke rumah sakit.
  • Meminimalisir berbagai resiko seperti kekurangan dana ketika sedang sakit.
  • Memperoleh jenis pelayanan kesehatan yang lebih layak.
  • Membantu kamu agar bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Dengan adanya BPJS (layanan asuransi negara), kini sudah semakin banyak masyarakat yang mulai menggunakan asuransi untuk kesehatan. Ini dikarenakan manfaat dari BPJS ini akan sangat terasa pada saat sakit dan harus membayar biaya perawatan yang tidak murah.

Jenis asuransi ini dapat mempermudah proses pengobatan serta perawatan apabila kamu atau keluarga jatuh sakit. Tidak hanya itu, asuransi ini juga mampu memberi jaminan berupa perlindungan terhadap kondisi keuangan kamu dan keluarga saat sakit. Selain itu, ada juga manfaat lain asuransi seperti berikut.

Simak Juga  Seni Rupa Terapan

1. Membantu Mengatur Keuangan

Membantu Mengatur Keuangan

Manfaat dari asuransi untuk kesehatan yang pertama, yakni bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan. Mempunyai asuransi, akan mengharuskan kamu untuk membayar premi setiap bulannya secara rutin.

Hal ini akan membuatmu mau tidak mau harus menyisihkan penghasilan guna membayarkan tagihan tersebut. Dengan ini, maka pembagian uang yang kamu hasilkan akan terlihat lebih jelas di setiap bulannya.

2. Meringankan Biaya Rumah Sakit

Meringankan Biaya Rumah Sakit

Apabila jatuh sakit secara tiba-tiba, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan seberapa besar biaya penanganan yang harus dikeluarkan. Jadi kamu bisa lebih tenang dan juga fokus terhadap proses perawatan dan pengobatan yang perlu dijalani hingga sembuh.

Dengan mempunyai sebuah asuransi untuk kesehatan, maka kamu memiliki jaminan finansial untuk kehidupan di masa mendatang. Asuransi ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu persiapan (dalam hal keuangan) untuk menghadapi resiko kesehatan yang bisa datang kapan saja.

3. Penawaran Jenis Perawatan yang Beragam

Penawaran Jenis Perawatan yang Beragam

Asuransi ini akan memberikan berbagai jenis perawatan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Nantinya kamu akan memperoleh proses perawatan sesuai dengan perjanjian yang dituliskan pada polis. Setiap perawatan di polis ini juga mempunyai batasan untuk besaran biaya untuk perawatan.

Batasan yang diberikan oleh pihak asuransi, tentunya akan disesuaikan dengan besaran iuran yang kamu bayarkan setiap bulan secara rutin. Nah, beberapa jenis perawatan yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan asuransi seperti berikut ini.

Rawat Jalan (Outpatient)

Asuransi akan mengganti biaya untuk pengobatan penyakit yang tidak membutuhkan perawatan menginap di rumah sakit, namun hanya sebatas berobat jalan atau rawat jalan saja.

Rawat Inap (In Patient)

Asuransi akan mengganti biaya untuk pengobatan penyakit yang membutuhkan perawatan dengan menginap di rumah sakit, namun disertai dengan ketentuan sesuai perjanjian.

Simak Juga  Pengertian Ide Pokok

Kacamata (Glasses)

Asuransi akan mengganti biaya terkait dengan lensa kacamata dan frame atau bingkai dengan menggunakan surat pengantar dari dokter mata.

Melahirkan (Maternity)

Asuransi akan mengganti biaya melahirkan atau persalinan yang disesuaikan dengan program yang dijamin dan diambil dalam perjanjian polis.

Gigi (Dental)

Asuransi akan mengganti biaya untuk pengobatan perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, perawatan gusi, perawatan gigi palsu, hingga perbaikan gigi.

General Check Up

Asuransi akan mengganti biaya untuk pemeriksaan kesehatan sesuai dengan program yang dijamin dan diambil berdasarkan perjanjian polis.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Swasta

Seperti yang telah diketahui, bahwa saat ini ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan asuransi untuk kesehatan. Nah, jika kamu sedang mencari perusahaan asuransi swasta yang terbaik, berikut ini rekomendasi yang bisa kamu pilih.

1. Prudential

Prudential

Prudential mampu menawarkan berbagai macam produk asuransi untuk kesehatan yang cukup beragam. Berbagai produk asuransi tersebut, tentunya menawarkan jaminan untuk mengganti biaya rawat inap serta pembedahan.

2. Manulife

Manulife

Manulife merupakan salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi berupa tambahan asuransi jiwa term-life. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa premi atau iuran yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi ini lebih rendah dari kebanyakan perusahaan asuransi ternama yang lain.

3. Allianz

Allianz

Allianz mampu menawarkan produk yang cukup beragam dengan perawatan yang ditanggung secara komprehensif. Tidak menyediakan jaminan rawat inap saja, namun beberapa produk dari Allianz juga memberi banyak manfaat tambahan seperti rawat jalan, rawat gigi, kemoterapi, dan lain sebagainya.

Setelah tahu betapa pentingnya asuransi kesehatan melalui sedikit informasi lapaskelas1malang.id di atas, apakah kamu masih menyepelekan perihal asuransi ini? Nah, mulai sekarang, pikirkan masa depan dan berbagai hal yang bisa saja terjadi di masa mendatang walaupun kamu tidak menginginkannya.