Cara Cek Tagihan PDAM

Lapaskelas1malang.id – Cara cek tagihan PDAM di era modern kayak sekarang udah nggak ribet kayak dulu lho. PDAM sendiri adalah singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum, yaitu salah satu unit bisnis milik pemerintah daerah yang mendistribusikan air bersih kepada masyarakat.

Sesuai namanya, PDAM ini ada di setiap kabupaten, provinsi, dan juga kotamadya di seluruh pelosok negeri. Konon, PDAM sudah ada sejak era Belanda lho, atau kira-kira tahun 1920. Tapi saat itu namanya bukan PDAM, melainkan Waterleiding, dan berganti lagi menjadi Suido Syo saat era Jepang.

Berbagai Cara Cek Tagihan PDAM

Sebelum negeri ini dipenuhi dengan jaringan internet kayak sekarang, dan jauh sebelum kelahiran berbagai macam situs web dan aplikasi termasuk marketplace, cara cek dan bayar tagihan PDAM ya harus datang langsung ke kantornya dan mengantri di loket sampai berjam-jam. Mirip seperti bayar listrik jaman dulu.

Tapi, teknologi benar-benar membawa perubahan besar bagi dunia termasuk Indonesia, karena kini kamu bisa cek dan bayar tagihan PDAM hanya dengan duduk manis sambil ngopi di rumah, nongkrong santai di cafe, saat jam makan siang di kantor, atau berbagai tempat lain dan kapan saja.

Syaratnya kamu cuma harus punya gadget dan paket data atau konek ke WiFI. Tapi kalau lagi nggak jauh dari mesin ATM juga bisa cek lewat ATM lho. Ini dia detail langkah-langkahnya:

1. Lewat Situs dan Aplikasi PDAM

Sekarang hampir setiap PDAM sudah punya situs web lho, supaya pelanggan lebih mudah mengakses informasi dan mengecek jumlah tagihan air setiap bulan. Tapi karena jumlah PDAM di Indonesia ini banyak banget, nama situsnya juga jadi bermacam-macam tergantung PDAM di daerah mana.

Simak Juga  Cek Nomor Smartfren

Nah, beberapa nama situs web PDAM di sejumlah kota di Indonesia dan cara cek tagihan di masing-masing situs tersebut adalah seperti berikut ini:

PDAM Kota Jakarta (PAM JAYA)

  • Buka situs resmi PAM JAYA di http://pamjaya.co.id/id/home.
  • Arahkan kursor ke menu Info Pelanggan dan klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kanan tulisan ini, lalu setelah muncul menu drop down, pilih Simulasi Tagihan Rekening.

Arahkan kursor ke menu Info Pelanggan dan klik tanda panah ke bawah

  • Pilih Golongan Tarif, Ukuran Meter Air, dan isi kolom Total Penggunaan, lalu klik tombol

PDAM Bogor (Tirta Pakuan)

Masuklah ke situs resmi Tirta Pakuan di

  • Arahkan kursor ke barisan menu dengan tulisan merah yang ada di sisi kiri, lalu pilih Simulasi Perhitungan Rekening Air.
  • Selanjutnya kamu cuma perlu mengisi data yang diminta (memilih golongan tarif, isi stand meter bulan lalu dan stand meter bulan sekarang), lalu klik Proses, dan hasilnya akan keluar.

PDAM Tangerang (Tirta Kerta Raharja)

  • Buka situs https://www.perumdamtkr.com/ dan pada tampilan beranda, scrol sedikit ke bawah untuk menemukan dan klik menu Informasi Tagihan.

Buka situs https www perumdamtkr com dan

  • Pada halaman berikutnya masukkan ID Pelanggan kamu, pilih bulan dan tahun di bagian Periode Tagihan, klik kotak kecil di sebelah tulisan I’m not robot, lalu klik tombol Cek Tagihan Saya.

Kalau kebetulan kamu tinggal di luar ketiga kota di atas, kamu bisa cari sendiri situs resmi PDAM di kota / kabupaten kamu tinggal dengan mengetik PDAM ditambah nama kota kamu, misalnya “PDAM Malang”, “PDAM Surabaya”, dsb.

Nah, mirip kayak situs, nama-nama aplikasi PDAM juga banyak banget nih, yang bisa kamu cari sendiri di Play Store atau App Store, lalu download dan mulai gunakan. Cara cek tagihannya dengan klik menu Info Tagihan yang ada di masing-masing aplikasi.

Simak Juga  Cek Pembayaran BPJS

2. Cek dengan Aplikasi Marketplace

Cara lain buat cek tagihan PDAM secara online adalah dengan memanfaatkan berbagai aplikasi marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan sebagainya. Kalau marketplace kesayangan kamu adalah Tokopedia misal, maka kamu bisa cek jumlah tagihan PDAM dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Tokopedia dan klik menu Top Up dan Tagihan.
  • Scroll ke bawah dan klik menu Air PDAM.

Scroll ke bawah dan klik menu Air PDAM.

  • Pilih Cluster dan Wilayah sesuai domisili kamu, masukkan nomor pelanggan, lalu klik tombol Cek Tagihan.

Kalau kamu lebih sering menggunakan aplikasi Shopee, kamu bisa cek tagihan air PDAM kamu dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Shopee dan pada tampilan home klik menu Pulsa, Tagihan & Hiburan.
  • Pada halaman berikutnya, pilih sub menu PDAM di kategori
  • Pilih domisili di bagian Wilayah, dan masukkan ID kamu di kolom Nomor Pelanggan, lalu klik tombol Lihat Tagihan dan jumlah tagihan air kamu di bulan tersebut akan muncul di layar.

Pilih domisili di bagian Wilayah, dan masukkan ID kamu di kolom Nomor Pelanggan

Cara cek di aplikasi marketplace lain nggak jauh beda kok dengan dua cara di atas. Intinya, kamu cuma perlu masuk ke menu Tagihan dan cari sub menu PDAM lalu masukkan ID pelanggan. Dibanding cek dengan situs, cek lewat aplikasi marketplace kayaknya lebih simpel ya.

Karena kamu cuma perlu pilih wilayah dan masukkan ID pelanggan, nggak perlu tuh milih golongan tarif, isi stand meter bulan lalu dan sekarang, dsb. Selain itu, dengan aplikasi marketplace kamu juga bisa langsung sekalian bayar tagihan dengan metode pembayaran yang bermacam-macam lho.

Kamu bisa bayar langsung lewat aplikasi yang kamu pakai kalau aplikasi tersebut memang ada saldo dengan jumlah cukup, atau pilih bayar dengan kartu kredit, internet banking, Mandiri e-cash, Klik BCA, e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, dan banyak lagi.

Selain itu, aplikasi marketplace kayak gini juga sering banget kasih promo potongan harga atau cashback, jadi nantinya kamu bisa bayar tagihan PDAM dengan harga lebih murah. Apalagi kalau kamu adalah pengguna baru aplikasi tersebut, jumlah cashback yang kamu dapat biasanya banyak lho.

Simak Juga  Cek No KTP

3. Cek Lewat Indomaret

Jangan khawatir harus keluar rumah, Indomaret yang dimaksud di sini cuma situsnya kok, bukan toko fisiknya. Caranya nggak kalah simpel dan cepat nih dari cara cek lewat marketplace tadi. Kamu cuma perlu dua langkah berikut ini lho:

  • Buka situs resmi Indomaret di https://www.klikindomaret.com/, dan klik menu Air (PDAM).
  • Input ID / Nomor Pelanggan kamu dan pilih Wilayah / Nama perusahaan PDAM di kota / kabupaten kamu tinggal. Klik tombol Beli kalau sudah, dan rincian tagihan air kamu akan muncul di layar.

Input ID Nomor Pelanggan kamu dan pilih Wilayah

  • Kalau mau sekalian bayar, kamu bisa langsung pilih metode pembayaran dan lanjut ke proses berikutnya seperti yang tampil di layar.

4. Lewat ATM

Lewat ATM

Kalau kebetulan kamu lagi di luar dan nggak jauh dari mesin ATM, kamu bisa cek dengan cara berikut:

  • ATM Mandiri: pilih menu Bayar/Beli > PAM > PAM Lainnya > cari kode PDAM di kota kamu tinggal > tekan tombol Benar > input ID Pelanggan kamu > tekan Benar, dan rincian tagihan akan muncul termasuk biaya adminnya.
  • ATM BCA: masukkan kartu dan pilih Transaksi Lainnya > tekan menu Pembayaran dan pilih Layar Berikutnya > pilih opsi Lain-lain > input kode PDAM langganan kamu > input Nomor Pelanggan > tekan
  • ATM BRI: pilih menu Pembayaran > PAM/PDAM > input kode PDAM > input Nomor Pelanggan.

Air PDAM dijamin bersih dan jernih karena sudah melewati serangkaian proses yang menjamin kualitasnya. Nggak salah kalau banyak banget masyarakat yang jadi pelanggan PDAM. Buat kamu yang mungkin pelanggan baru, nggak usah bingung cara cek tagihan PDAM karena kamu bisa lakukan secara online.