Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI – Semua smartphone baik itu Android maupun iOS, pasti punya yang namanya IMEI. Selain menjadi identitas dari ponsel itu sendiri, IMEI juga bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang.

Namun sebelum kita membahas cara melacak HP hilang dengan IMEI, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. Beberapa hal tersebut meliputi pengertian dari IMEI, fungsi-fungsi IMEI, cara mengecek nomor IMEI, dan beberapa informasi lainnya.

Oleh sebab itu tidak perlu basa-basi lagi, langsung saja simak informasi yang akan dijelaskan di bawah ini.

Apa itu IMEI?

Apa itu IMEI

IMEI “International Mobile Equipment Identity, merupakan nomor identitas khusus dari produsen ponsel untuk setiap slot kartu GSM oleh produsen ponsel yang dirilis oleh GSMA “asosiasi GSM”. Karena dikeluarkan untuk setiap slot SIM, maka ponsel dengan slot SIM ganda juga akan punya dua nomor IMEI.

Seperti yang telah diketahui, bahwa nomor IMEI ini memiliki sifat yang unik sehingga satu pengguna tidak akan memiliki nomor IMEI yang sama dengan pengguna lain. Nomor IMEI ini terdiri dari kumpulan 15 sampai 16 digit angka dimana salah satu nomor seri-nya berisikan info tentang tipe ponsel.

Fungsi dari IMEI

Mungkin nomor IMEI ini masih seringkali diabaikan oleh para penggunanya. Namun jangan salah, ternyata nomor IMEI memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yang cukup penting. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa fungsi dari nomor IMEI.

1. Sebagai Identitas Ponsel

Sebagai Identitas Ponsel

Kamu bingung ketika sedang mencari identitas dari HP yang digunakan? Tidak usah khawatir, kamu bisa menggunakan nomor IMEI yang ada di ponsel untuk mengetahui identitas dari ponsel tersebut. Kamu bisa memasukkan nomor IMEI ponsel ke beberapa situs pengecek IMEI tahu identitas ponsel secara detail.

2. Untuk Mengecek Garansi Ponsel

Untuk Mengecek Garansi Ponsel

Fungsi dari IMEI yang berikutnya adalah untuk mengecek masa garansi dari ponsel yang kamu gunakan. Ini akan terasa sangat penting bagi kamu yang ingin membeli ponsel secara online. Dengan ini, kamu dapat mengecek lebih dulu apakah ponsel yang akan dibeli tersebut masih dalam kondisi baru atau tidak.

3. Untuk Melacak Ponsel yang Hilang

Untuk Melacak Ponsel yang Hilang

Tidak hanya untuk mencari info seputar ponsel yang kamu gunakan, fungsi lain dari nomor IMEI yang tidak kalah penting yakni untuk melacak ponsel yang hilang. Mungkin selama ini, kamu biasa menggunakan aplikasi khusus pelacak ponsel. Padahal, ternyata nomor IMEI bisa juga melakukannya.

Akan tetapi, untuk melakukan pencarian ponsel dengan menggunakan IMEI ini, kamu tidak bisa melakukannya sendiri. Ini berarti kamu tetap harus menghubungi pihak provider kartu SIM yang digunakan untuk meminta mereka agar memblokir ponsel yang hilang melalui nomor IMEI.

Cara Mengecek Nomor IMEI

Sebelum tahu cara melacak HP hilang dengan IMEI, tentu saja kamu perlu tahu cara untuk mengecek IMEI itu sendiri kan? Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor IMEI yang digunakan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Menggunakan Kode Dial

Cara untuk mengecek nomor IMEI yang pertama, adalah dengan menggunakan kode dial. Bisa dikatakan jika ini adalah cara yang paling mudah untuk mengecek nomor IMEI. Berikut langkah-langkah untuk mengecek IMEI dengan kode dialing.

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Telepon yang ada di ponsel kamu.
  • Setelah itu, buka keyboard dan ketik kode dial *#06#.
  • Kemudian tekan tombol panggil atau OK.

Kemudian tekan tombol panggil atau OK.

  • Tunggu selama beberapa saat, maka di layar ponsel akan langsung muncul informasi tentang nomor IMEI dari ponsel kamu.

2. Melalui Pengaturan Ponsel

Kemudian untuk cara yang kedua, yakni kamu bisa mengecek di pengaturan ponsel. Seperti yang telah diketahui, dalam pengaturan ponsel ini terdapat banyak sekali informasi tentang ponsel tersebut termasuk juga dengan nomor IMEI.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Pengaturan atau Settings di ponsel yang kamu gunakan.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan buka menu Tentang telepon atau About phone.

Setelah itu, scroll ke bawah dan buka menu Tentang telepon atau About phone.

  • Nah, kamu bisa memilih opsi Status untuk mengecek nomor IMEI dari ponsel yang digunakan.

3. Melihat di Bungkus, Baterai, dan Perangkat Ponsel

Melihat di Bungkus, Baterai, dan Perangkat Ponsel

Apabila kardus atau bungkus ponsel yang kamu miliki masih ada, maka bisa langsung mengecek IMEI dengan melihat bagian info yang tertera di bungkus ponsel tersebut. Jika kamu membelinya di gerai resmi, biasanya mereka akan mencantumkan nomor IMEI di bagian bungkus atau kardus ponsel.

Namun jika kardus sudah hilang, kamu masih bisa mengeceknya melalui baterai ponsel. Namun hal ini bisa dilakukan dengan catatan baterai ponsel yang digunakan masih bawaan alias belum diganti. Apabila sudah diganti, kamu juga bisa melihat IMEI ini di bagian belakang dari perangkat ponsel itu sendiri.

Cara Memastikan Nomor IMEI Terdaftar di Kemenperin

Setelah mengecek dan menemukan nomor IMEI dari ponsel yang digunakan, maka kamu perlu mengecek statusnya apakah sudah terdaftar di Kenemperin atau belum. Soalnya jika belum terdaftar, maka pencarian ponsel yang hilang dengan IMEI tidak bisa diproses.

  • Pertama, kunjungi website dengan alamat kemenperin.go.id.
  • Setelah itu, masukkan nomor IMEI ponsel kamu di kolom kosong yang disediakan.

Setelah itu, masukkan nomor IMEI ponsel kamu di kolom kosong yang disediakan.

  • Kemudian tekan tombol cek dan jika nomor IMEI sudah terdaftar, maka akan muncul notifikasi “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, bahwa salah satu fungsi dari IMEI adalah untuk melacak keberadaan HP yang hilang. Jika kamu mengalami musibah ini, jangan panik terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba cara melacak HP hilang dengan IMEI yang akan dijelaskan sebagai berikut ini.

1. Minta Surat Keterangan Hilang di Kantor Polisi

Minta Surat Keterangan Hilang di Kantor Polisi

Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI dari beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas, bisa langsung mengunjungi kantor polisi. Kunjungan ini bertujuan untuk meminta surat keterangan hilang dari pihak yang berwajib mengenai kasus hilangnya ponsel kamu.

Nantinya surat keterangan hilang tersebut akan digunakan untuk meminta agar operator seluler membantumu dalam melacak ponsel yang hilang. Walaupun hal ini terdengar cukup ribet, akan tetapi proses pelacakan ponsel dengan menggunakan IMEI ini terbilang aman karena data-data lebih terjaga.

2. Menghubungi Pihak Call Center Operator Seluler

Menghubungi Pihak Call Center Operator Seluler

Setelah berhasil memperoleh surat kehilangan dari pihak yang berwajib, kamu bisa langsung menghubungi pihak call center sesuai dengan operator seluler yang digunakan. Jika kamu merasa kurang yakin, bisa langsung mengunjungi salah satu gerai operator seluler yang terdekat dengan lokasimu.

Kemudian langsung saja bilang apa keperluanmu, nantinya pihak operator seluler akan menanyakan nomor IMEI dari ponsel kamu. Nah, beritahu saja nomor IMEI ponsel yang hilang, dan jangan lupa pula untuk menyerahkan surat kehilangan yang tadi sudah didapatkan dari pihak berwajib sebelumnya.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek ponsel yang hilang. Namun disarankan bagi kamu untuk menggunakan cara melacak HP hilang dengan IMEI. Hal ini karena metode lapaskelas1malang.id tidak memerlukan akun-akun pribadi seperti email, jadi ada jaminan privasi kamu tetap aman.