Cara Mengganti Tema Windows 10

Bisa dibilang bahwa cara mengganti tema Windows 10 sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan bagi para pemula sekalipun, tidak perlu bingung dengan setiap langkah untuk melakukannya. Namun jika kamu belum tahu, maka sedang membaca artikel yang tepat.

Seperti yang telah diketahui, bahwa Windows 10 memang menyediakan banyak sekali tema bagi para penggunanya. Penggantian tema ini dilakukan agar kamu tidak bosan ketika melihat tampilan Windows 10 yang terkesan itu-itu saja. Jadi langsung saja, simak informasi yang ada di bawah ini.

Cara Mengganti Tema Windows 10

Sesuai yang tadi telah dikatakan, bahwa kamu bisa menemukan banyak sekali tema Windows 10 melalui toko aplikasi yang ada di sistem operasi tersebut. Manariknya lagi, semua tema yang ada di dalamnya bisa digunakan secara gratis. Untuk itu, berikut cara mengganti tema Windows 10 yang perlu kamu ketahui.

  • Hal pertama yang perlu untuk kamu lakukan ada klik kanan pada area kosong di bagian desktop.
  • Lalu pada menu yang muncul, pilih menu Personalize yang ada di bagian paling bawah.
  • Nantinya akan muncul sebuah jendela baru, yakni jendela Settings.
  • Setelah itu, carilah tulisan Themes dan klik saja pada tulisan tersebut.
  • Nah, pada tahapan ini, sebenarnya kamu sudah dapat memilih satu dari beberapa tema lama yang ingin digunakan.

Nah, pada tahapan ini, sebenarnya kamu sudah dapat memilih satu dari beberapa tema lama yang ingin digunakan.

  • Namun jika kamu ingin mencari tema yang baru, maka bisa klik pada tulisan Get More Themes in Microsoft Store.
  • Jika halaman Microsoft Store sudah muncul, kamu bisa mencari tema yang diinginkan melalui daftar kategori atau menuliskan kata kunci.
  • Setelah tema yang diinginkan sudah ketemu, klik untuk membuka tema tersebut.
  • Kemudian klik pada tombol install untuk memasangnya.
  • Langkah terakhir, klik tombol Apply untuk menyetujui perubahan tema Windows 10.
Simak Juga  Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop Windows

Tema Windows 10 Custom

Jika kamu menggunakan cara mengganti tema Windows 10 di atas, maka tema yang bisa digunakan hanyalah tema-tema resmi buatan Microsoft. Nah, sebenarnya ada banyak tema Windows 10 buatan pihak ketiga yang tidak kalah menarik. Berikut beberapa tema custom terbaik untuk Windows 10.

1. Simply 10

Simply 10

Apa kamu sedang mencari tema Windows 10 yang terlihat keren dan elegan namun tetap minimalis? Jika dilihat dari sisi performa dan juga desain, Simply 10 wajib masuk ke dalam daftar tema custom Windows 10 terbaik.

Sisi elegan dari tema yang satu ini, didukung dengan elemen-elemen yang telah diminimalisir. Jadi ini akan membuat tampilan Windows kamu terlihat lebih rapi dan bersih. Nah, tema ini menyediakan 3 buah mode, yakni mode gelap, mode terang, dan Maverick yang memiliki desain seperti Ubuntu.

2. Win11 Dark VS

Win11 Dark VS

Sesuai dengan namanya, tema ini mengusung tampilan dark atau gelap untuk tampilan OS Windows 10 kamu. Tentunya kamu sudah tahu, jika tampilan gelap terlihat lebih keren dan juga tidak membuat mata merasa cepat lelah.

Selain itu, penggunaan tampilan gelap juga akan membuat pemakaian daya baterai menjadi lebih hemat. Win11 Dark VS ini direkomendasikan karena tampilannya yang sangat nyaman dilihat. Dengan perpaduan antara warna hitam dan abu-abu, membuat tampilan OS kamu terlihat elegan.

3. Penumbra 10

Penumbra 10

Jika kamu suka dengan tema dark yang memiliki nuansa hitam, maka wajib untuk mencoba tema yang bernama Penumbra 10. Mungkin perbedaan antara tema dark mode bawaan Windows dan Penumbra 10 ini tidak begitu mencolok.

Namun perbedaan dari segi desain dan tata letaknya itulah yang menimbulkan kesan berbeda dari tema yang satu ini. Semua ikon dan folder mengusung desain flat berwarna abu-abu dan hitam membuat tampilannya terasa lebih dark.

Simak Juga  Cara Setting Virtual Memory Windows

4. 3D Theme

3D Theme

Bagi kamu yang suka dengan hal-hal yang berbau 3 dimensi atau 3D, bisa mencoba tema yang satu ini. Dalam paket 3D Theme, tersedia sebanyak 17 wallpaper HD khas 3D yang sangat keren. Jika kamu menggunakannya, maka akan memberikan ilusi 3D seolah-olah gambar di layar nampak hidup.

Tidak perlu khawatir, tema ini juga cocok disandingkan dengan berbagai macam wallpaper 3D yang bisa kamu download sendiri. Namun jika kamu ingin menggunakan wallpaper sendiri, pastikan kualitas dari gambar tersebut 4K.

5. Windows 10 Anime

Windows 10 Anime

Bagi para penggemar anime, kini bisa membuat tampilan OS Windows 10 di laptop atau komputer yang khas akan anime favorit. Ada banyak sekali tema anime populer yang disediakannya seperti Naruto, One Piece, Detective Conan, Bleach, Death Note, dan masih banyak lagi lainnya.

Silahkan pilih salah satu tema anime yang ingin kamu pasang di OS Windows 10. Untuk menambah kesan keren pada tampilan OS, kamu bisa mencari sendiri wallpaper anime dan menjadikannya sebagai background di layar.

6. Windows XP Theme

Windows XP Theme

Apa kamu merasa rindu dengan tampilan Windows XP yang terkesan jadul? Nah, dengan tema yang satu ini, kamu bisa membuat tampilan Windows 10 menyerupai Windows XP. Jadi kamu tetap bisa menggunakan berbagai macam fitur dari Windows 10.

Seperti yang kamu tahu, tampilan dari OS Windows XP ini memang terlihat simpel. Bagi kamu yang sudah menggunakan Windows sejak lama, tentu saja sudah tidak asing dengan tampilan Windows XP. Silahkan kenang masa-masa keemasan Windows XP dengan tema ini.

7. MacOS Theme

MacOS Theme

Ingin menggunakan MacBook tapi belum punya cukup uang untuk membelinya? Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa merasakan sensasinya dengan menggunakan tema MacOS di laptop Windows 10. Tema ini akan memberi kamu tampilan OS yang sangat mirip dengan MacBook.

Simak Juga  Safe Mode Windows 10

Bisa dibilang jika tema yang satu ini akan mengubah tampilan OS Windows hampir secara keseluruhan. Mulai dari tampilan halaman jendela explorer, tata letak ikon di bagian dock, letak tombol close, dan lain sebagainya. Tenang saja, karena tema ini bisa digunakan di PC spek rendah.

8. Ubuntu Linux Theme

Ubuntu Linux Theme

Jika sebelumnya ada tema yang mengubah tampilan OS Windows menyerupai MacOS, kini ada tema yang mengubahnya menjadi seperti Ubuntu. Tentu saja kamu sudah tahu jika Ubuntu merupakan distro dari Linux yang sangat populer untuk saat ini.

Jadi jika kamu penasaran bagaimana rasa menggunakan Linux namun sudah terlanjur nyaman dengan Windows, maka tema ini adalah alternatif yang terbaik. Kamu juga memiliki opsi untuk menggunakan beberapa skin keren yang ditawarkan olehnya.

9. Flattastic

Flattastic

Ingin tema Windows 10 yang terlihat simpel, nyaman, dan ringan? Maka pilihan yang terbaik adalah Flattastic. Tema yang satu ini hadir dengan tampilan yang terlihat modern tapi tetap sederhana. Paduan warnanya yang pas, membuat mata kamu nyaman untuk menatapnya dalam waktu lama sekalipun.

Selain dari segi tampilannya yang simpel dan rapi, tema ini juga tergolong ringan. Jadi dijamin kinerja dari laptop atau PC kamu tidak akan terasa lebih ringan.

Mungkin hanya itu beberapa tema custom Windows 10 yang direkomendasikan oleh lapaskelas1malang.id. Nah, untuk cara mengganti tema Windows 10 custom tersebut sangat mudah. Kamu hanya perlu download, lalu menginstallnya seperti halnya menginstall aplikasi pada umumnya.