Cara Setting Virtual Memory Windows

Cara Setting Virtual Memory Windows – Dalam sebuah perangkat laptop atau PC, ada banyak sekali komponen yang berbentuk fisik dan juga virtual. Pastinya semua komponen memiliki fungsi yang penting agar bisa digunakan secara normal. Berhubungan dengan hal tersebut, kali ini kita akan bahas seputar cara setting virtual memory Windows.

Mungkin dari kamu ada yang masih bingung tentang apa itu virtual memory Windows, dan apakah virtual memory tersebut bisa diatur kapasitasnya? Untuk itu, simak informasi seputar definisi, fungsi dan juga cara setting virtual memory Windows.

Definisi Virtual Memory

Sebelum kita membahas tentang cara mengatur virtual memory, alangkah baiknya jika kamu tahu apa itu virtual memory. Virtual memory sendiri merupakan komponen penyimpanan data sementara dengan harddisk untuk media penyimpanannya.

Pada sistem operasi Windows, virtual memory ini juga disebut dengan file paging. File paging ini akan menangani beban data pada RAM. Jadi komponen yang satu ini akan meningkatkan kinerja dari sistem operasi yang ada di perangkat kamu.

Untuk saat ini, kebanyakan laptop hanya dibekali dengan satu komponen RAM tunggal. Akan tetapi, biasanya kamu akan menemui satu slot RAM kosong yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas RAM jika dibutuhkan.

Tapi penambahan RAM fisik ini tidak bisa sembarang dilakukan, karena kamu perlu menyesuaikan jenis RAM yang kompatibel dengan perangkat. Jadi dapat dikatakan bahwa virtual memory ini adalah alternatif tanpa perlu menambah RAM fisik.

Simak Juga  Cara Mengganti Tema Windows 10

1. Mengatasi Beban Berlebih pada RAM

Mengatasi Beban Berlebih pada RAM

Pada saat RAM dipaksa untuk menyimpan data yang ukurannya lebih besar dibandingkan kapasitas yang dimilikinya, tentu akan membuat masalah pada komputer seperti lag, crash, tidak responsif, atau lambat. Bahkan yang paling buruk, adalah membuat chip pada RAM rusak karena panas berlebih.

Maka dari itu, virtual memory ini memiliki peranan penting dalam mengurangi beban data pada RAM. Kamu bisa mengatur dan menyesuaikan kapasitas dari virtual memory ini dengan mengambil sebagian dari kapasitas harddisk.

2. Sebagai RAM Cadangan

Sebagai RAM Cadangan

Walaupun virtual memory ini menjadi RAM cadangan, namun komponen tersebut tidak akan mengganti fungsi dari RAM sepenuhnya. Umumnya, RAM ini berperan untuk menyimpan berbagai macam data sementara sebelum diproses oleh prosesor.

Jadi, ini bukan berarti komputer bisa dijalankan tanpa menggunakan RAM fisik. BIOS akan memeriksa keberadaan dari RAM terlebih dahulu pada saat booting. Dan jika RAM tidak terdeteksi, tentu saja sistem operasi tidak bisa dibuka.

3. Menyimpan Data dari RAM

Menyimpan Data dari RAM

Bisa dikatakan bahwa virtual memory merupakan memori cadangan yang bertugas untuk menangani kelebihan data pada RAM. Akan tetapi berbeda dari RAM, untuk virtual memory ini tidak bisa menyimpan data yang akan diproses prosesor secara terus menerus.

Jika ada suatu data yang disimpan di dalam virtual memory, maka komponen ini akan meneruskan data tersebut ke RAM terlebih dahulu. Baru setelah itu, data akan diteruskan oleh RAM untuk diproses oleh prosesor.

4. Membantu Kinerja dari Sistem Operasi

Membantu Kinerja dari Sistem Operasi

Fungsi dari virtual memory yang berikutnya, yakni membantu kinerja dari sistem operasi yang ada di perangkat kamu. Sama seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, bahwa beban kelebihan memori akan ditangani oleh virtual memory ini.

Dan jika beban memori telah berkurang, tentu saja kinerja dari sistem operasi yang kamu gunakan menjadi lebih baik. Dalam hal ini, kinerja sistem juga sangat bergantung pada kepastian data yang diatur oleh virtual memory.

Simak Juga  Cara Mengatasi Black Screen Windows 10

5. Sebagai Memori Cadangan Sementara

Sebagai Memori Cadangan Sementara

Data yang disimpan di dalam RAM dan virtual memory sangat mirip. Data tersebut akan hilang atau dihapus ketika perangkat telah dimatikan atau di-restart. File paging sistem serta berbagai macam data dalam partisi SWAP juga akan ikut terhapus.

Ini dilakukan agar kapasitas harddisk tetap terjaga, karena virtual memory ini memakan sebagian kapasitas dari harddisk yang kamu gunakan. Dengan menggunakan sistem yang satu ini, maka harddisk tidak akan cepat penuh.

Cara Setting Virtual Memory Windows

Setelah mengetahui definisi dan fungsi dari virtual memory di atas, kini saatnya kamu untuk tahu cara mengaturnya. Tidak perlu basa-basi lagi, berikut cara setting virtual memory Windows untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

1. Cara Setting Virtual Memory Windows 7

Bisa dikatakan bahwa cara untuk mengatur virtual memory di Windows 7 cukup mudah. Kamu bisa melakukannya melalui menu properti dan menentukan kapasitas sesuai dengan keinginan. Langsung saja berikut ini langkah-langkah untuk mengatur virtual memory di Windows 7.

  • Langkah pertama, silahkan klik pada menu Start yang ada di bagian bawah kiri layar.
  • Setelah itu, klik pada menu Computer dan pilihlah opsi Properti.
  • Berikutnya, tekan pada mode sistem lanjutan yang posisinya ada di bagian pojok atas kiri.
  • Nantinya akan muncul sebuah kotak dialog, dan klik tombol Pengaturan yang ada di bagian Pertunjukan pada kotak dialog tersebut.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog baru yakni Opsi Kerja.
  • Nah, klik pada tab canggih, dan klik pada opsi mereka berubah dalam bagian memori maya.

Nah, klik pada tab canggih, dan klik pada opsi mereka berubah dalam bagian memori maya.

  • Langkah berikutnya, klik tombol ukuran khusu, dan silahkan masukkan kapasitas memori yang digunakan.
  • Lalu pilihlah partisi harddisk yang akan digunakan, dan restart perangkat kamu.
Simak Juga  Setting APN 3

2. Cara Setting Virtual Memory Windows 8

Sebenarnya cara untuk setting virtual memory di Windows 7 dan Windows 8 hampir sama. Mungkin hanya beberapa menunya saja yang berbeda. Namun agar kamu tidak bingung, bisa menyimak beberapa tahapan yang ada di bawah ini.

  • Tahap pertama, kamu bisa mengklik pada logo Windows yang ada di sisi bawah kiri layar.
  • Setelah itu, klik pada menu Sistem dan pilih opsi Pengaturan Sistem Lanjutan.
  • Lalu pada bagian tab canggih, silahkan tekan tombol Pengaturan yang terdapat di bagian petunjuk.

Lalu pada bagian tab canggih, silahkan tekan tombol Pengaturan yang terdapat di bagian petunjuk.

  • Nantinya akan muncul sebuah dialog opsi kerja di layar perangkat kamu.
  • Nah, sekarang buka tab canggih, dan pilih opsi mereka berubah yang ada di bagian memori maya.
  • Kemudian pada teks “secara otomatis mengelola ukuran file paging untuk semua drive”, hilangkan tanda centangnya, dan klik pada opsi ukuran khusus.
  • Terakhir, klik OK dan restart perangkat yang kamu gunakan.

3. Cara Setting Virtual Memory Windows 10

Jika dibandingkan dengan Windows 7 dan Windows 8, bisa dibilang jika cara mengatur virtual memory pada Windows 10 jauh lebih mudah. Jika tidak percaya, ikuti saja metode yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka File Explorer.
  • Kemudian klik kanan di bagian My Computer dan buka menu Properti.

Kemudian klik kanan di bagian My Computer dan buka menu Properti.

  1. Setelah kotak dialog muncul, klik pada tab Pengaturan sistem lanjutan.

Setelah kotak dialog muncul, klik pada tab Pengaturan sistem lanjutan.

  • Lalu buka tab canggih dan klik Pengaturan.
  • Setelah itu, tekan tombol mereka berubah dan silahkan atur kapasitas memori yang diinginkan.
  • Klik tombol OK dan silahkan restart perangkat kamu.

Beberapa cara setting virtual memory Windows ulasan lapaskelas1malang.id di atas dijelaskan dengan sistem operasi yang menggunakan bahasa Indonesia. Kalau kamu bingung, maka tulisan-tulisan yang di-bold bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dahulu.