Cek No KTP

Cara cek no KTP kini bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah, tanpa harus mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau disebut juga dengan istilah Dukcapil. Karena kini kamu bisa cek nomor KTP secara online.

Meskipun begitu masih banyak yang belum mengetahui cara untuk cek nomor KTP mudah secara online. Tapi, cara ini jangan digunakan sembarangan ya, karena jika data ID nomor KTP bocor, bisa berakibat fatal lho.

Oleh sebab itu di sini kami akan memberikan caranya dibawah ini yang sudah lapaskelas1malang.id jelaskan, simak ya.

KTP Elektronik

KTP Elektronik

KTP elektronik atau biasa disebut dengan eKTP adalah kartu kependudukan yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Kartu ini didukung oleh sistem informasi yang lebih aman, akurat dan juga tertib administrasi.

Karena KTP sudah terintegrasi secara langsung dengan database kependudukan di Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri pusat.

Sistem ini akan memastikan jika setiap penduduk Indonesia tidak akan bisa mempunyai KTP lebih dari satu atau ber-KTP ganda, apalagi hingga memiliki banyak sekali kartu tanda penduduk.

Biasanya seseorang bisa ber-KTP ganda karena sering berpindah-pindah tempat tinggal dari satu kota ke kota lain atau bahkan pindah provinsi dan pulau sekalipun. Maka NIK yang kamu miliki akan sama meski sering berpindah-pindah tempat tinggal.

Sistem ini sengaja dibuat oleh Pemerintah untuk mengurangi kemungkinan seseorang agar tidak memiliki KTP lebih dari satu. Karena hal ini juga memiliki resiko yang tinggi untuk melakukan tindak kriminal seperti terorisme dan tindakan korupsi.

Simak Juga  Cek Kuota 3

Integrasi Data Kependudukan

Integrasi Data Kependudukan

Pemerintah Indonesia sendiri telah memiliki rencana untuk menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada pada e-KTP. Agar dapat diintegrasikan dengan identitas lain untuk kebutuhan lainnya.

Misalnya seperti untuk pembuatan SIM, Paspor dan juga identitas yang lainnya.

Pada saat ini sebagian besar penduduk Indonesia telah menggunakan e-KTP yang disebarkan secara luas pada berbagai daerah di Indonesia. dikarenakan Pemerintah Indonesia sudah mengadakan proses pembuatan e-KTP secara massal semenjak tahun 2013 lalu.

Akan tetapi apakah kamu sudah tahu jika NIK yang ada di dalam e-KTP kamu sudah terdaftar di dalam database kependudukan pusat atau belum ya? Maka kamu cek no KTP secara online dengan banyak cara yang mudah.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin belum mengetahui apakah e-KTP yang dimilikinya asli dan sudah terdaftar pada database pusat atau palsu.

Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi di masa kini yang sudah semakin canggih saja, kamu dapat mengetahui untuk memeriksa apakah NIK e-KTP miliki kamu asli. Atau sudah tersimpan di dalam database Kependudukan Pusat dengan cara online.

Berikut ini caranya :

Cara Cek e-KTP dengan Mudah Secara Online

Untuk cek status e-KTP secara online agar bisa mengetahui apakah data kependudukan yang kamu miliki asli atau sudah terdaftar dalam data pusat kependudukan nasional bisa kamu lakukan dengan cara seperti di bawah ini :

Cek No KTP di Website Kemendagri atau Pemerintah Daerah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa nomor KTP secara online adalah melalui website resmi Kemendagri atau Pemerintah Daerah dengan cara berikut :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka peramban di perangkat kamu bisa menggunakan laptop, PC atau smartphone seperti Google Chrome atau Mozilla.
  • Lalu kunjungi situs resmi Kemendagri di https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.
  • Kemudian cari Menu e-KTP kemudian isi NIK pengguna dan klik Enter.
Simak Juga  Cek Tagihan Listrik

Kemudian cari Menu e-KTP kemudian isi NIK pengguna dan klik Enter.

  1. Tunggu beberapa saat, maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai data lengkap yang ada di dalam KTP jika kamu NIK yang kamu masukkan benar atau asli.

Contoh :

Jika kamu merupakan penduduk kota Bogor maka kamu bisa cek e-KTP dengan cara membuka situs Disdukcapil kota Bogor lalu masukkan saja nomor NIK yang ada pada e-KTP di dalam kolom yang sudah disediakan lalu tekan Cek.

Tunggu saja beberapa saat nanti akan muncul status data pribadi yang telah terdaftar dengan menggunakan sistem e-KTP.

Cek No KTP Lewat Disdukcapil

Cek No KTP Lewat Disdukcapil

Cara berikutnya kamu bisa memeriksa nomor KTP melalui Disdukcapil dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan SMS, Sosial Media hingga WhatsApp.

1. Via SMS

Kamu bisa mengirimkan SMS dengan menggunakan format :

Cek#KTP#NIK

Kemudian kirimkan saja SMS tersebut ke nomor Disdukcapil Kemendagri yakni di : 0815-3636-9999.

2. Via WhatsApp

Kamu bisa mengirimkan pesan WhatsApp dengan menggunakan format:

nama lengkap sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota.

Kemudian kirimkan ke nomor WhatsApp resmi Disdukcapil yakni : 0813-2691-2479.

3. Via Sosial Media

Selain dengan mengirimkan WhatsApp kamu juga bisa menggunakan sosial media untuk cek nomor KTP secara online. Kamu bisa mengunjungi FB atau Twitter resmi dari Dukcapil yang ada di :

Akun Facebook Resmi : Halo Dukcapil.

Akun Twitter Resmi : @ccdukcapil.

Caranya adalah :

Kunjungi salah satu sosial media resmi dari Dukcapil diatas lalu kirimkan personal chat dengan format :

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan

Dan tunggu respon dari admin Dukcapil.

4. Via Call Center

Kamu juga bisa mencari tahu no KTP dengan cara menghubungi Call Center Halo Dukcapil pada nomor 1500-537 yang merupakan nomor resmi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri.

5. Via Email

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengirimkan email pada alamat email resmi dukcapil@gmail.com dengan format email :

Simak Juga  Cara Cek Tagihan PDAM

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan.

Dan tunggu saja hingga mendapatkan balasan Email.

Cek No KTP Lewat Card Reader e-KTP

Cek No KTP Lewat Card Reader e-KTP

Cara berikutnya untuk cek nomor KTP bisa dilakukan dengan cara yang jauh lebih mudah dan praktis sebab kamu tidak membutuhkan perangkat PC atau Komputer namun kamu akan membutuhkan bantuan Card Reader.

Alat ini bisa digunakan untuk membaca chip yang ada di dalam e-KTP dengan cara yang lebih cepat sehingga pengecekan data bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah.

Hanya saja alat tersebut hanya ada di Instansi resmi seperti Kantor Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil. Jadi cara ini tidak bisa kamu lakukan secara online karena harus datang langsung ke kantor instansi yang bersangkutan.

Cara Cek No KTP Via Aplikasi

Cara Cek No KTP Via Aplikasi

cara terakhir yang bisa kamu coba untuk cek nomor e-KTP adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama Cek KTP  ID  &  NIK  Online yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store maupun App Store.

Cara cek nomor KTP dengan menggunakan aplikasi adalah dengan memasukkan NIK kamu lalu klik Cari/Cek dan tunggu hingga beberapa saat untuk mendapatkan identitas lengkap mengenai Nomor Induk KTP kamu.

Tapi cara ini masih belum sempurna sebab aplikasi yang resmi masih belum bisa digunakan dengan baik. Meski ada banyak sekali aplikasi serupa yang dibuat oleh pihak ketiga, namun sebaiknya jangan menggunakan sembarangan aplikasi karena juga memiliki resiko berbahaya.

Seperti pencurian data karena menggunakan aplikasi ilegal.

Jadi sudah tahu kan, jika cara cek nomor KTP bisa dilakukan secara online juga. Itulah cara cek no KTP dengan berbagai macam cara yang pastinya sangat mudah, semoga berguna dan selamat mencoba ya.