Cek Nomor Smartfren

Cek Nomor Smartfren – Dulunya bernama Fren dan sudah berganti menjadi Smartfren adalah salah satu produk paling populer dari PT Smartfren Telecom Tbk yang sudah beroperasi sejak tahun 2011 di negeri ini. Buat kamu yang mungkin adalah pengguna baru, udah tahu belum gimana cara cek nomor Smartfren kamu?

Meski setiap kartu baru selalu mencantumkan nomor di bagian depan bungkus kartu, dan bisa saja kamu menyimpan bungkusnya atau memasukkan nomor di daftar kontak, tapi kamu tetap perlu tahu lho gimana cara cek nomornya. Karena selalu ada kemungkinan kalau bungkus kartu atau daftar kontak kamu hilang.

Daftar Cek Nomor Smartfren

Sebagai salah satu perusahaan besar dengan jam terbang yang nggak sebentar, Smartfren pastinya sudah punya banyak layanan dan berbagai cara terbaik untuk kenyamanan dan kemudahan para pelanggan dalam mengakses layanan tersebut.

Layanannya sendiri ada banyak mulai dari terus memperluas jaringan 4G LTE agar pelanggan dari Sabang sampai Merauke bisa tetap mengakses Smartfren dimanapun berada, hingga membuat aplikasi dengan User Interface ramah pengguna dan terus memperbarui fitur-fitur di dalamnya.

Tapi nggak cuma layanan modern, Smartfren juga menyediakan berbagai pelayanan dasar seperti menyediakan CS 24 jam untuk membantu berbagai masalah yang mungkin terjadi dengan pelanggan dan cara mudah untuk cek nomor Smartfren. Terkait nomor dua, inilah beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Gunakan Kode Dial Up

Cara pertama ini adalah yang super mudah, super cepat, dan dijamin nggak perlu mengeluarkan pulsa sepeserpun. Cukup ambil smartphone kamu dan langsung aja ikuti beberapa langkah berikut:

  • Buka aplikasi telepon di smartphone kamu (smartphone yang kamu pakai untuk mengaktifkan nomor Smartfren kamu ya).
  • Ketik *995# lalu tekan tombol hijau dengan ikon telepon, sama persis kayak kalau kamu mau telepon orang.
Simak Juga  Cek No KTP

Ketik 995# lalu tekan tombol hijau dengan ikon

  • Setelahnya kamu akan melihat beberapa deret menu. Ketik angka yang ada di sebelah menu bernama Info. Tunggu beberapa saat dan layar akan segera menampilkan nomor Smartfren kamu lengkap dengan sisa pulsa dan masa aktifnya.
  • Kalau udah tahu nomornya, jangan lupa screen shoot layar atau langsung aja catat nomornya ya, jadi nantinya kamu nggak perlu cek-cek lagi.

2. Cek Lewat SMS

Cara mudah kedua yang bisa kamu coba adalah lewat SMS kalau misalnya karena alasan tertentu kode dial up tadi lagi nggak bisa digunakan.

Jangan khawatir sama pulsa ya, karena meskipun kamu akan mengirimkan SMS, tapi biayanya Rp 0 kok, alias gratis! Jadi, kalau kamu lagi nggak punya pulsa sama sekali, kamu masih tetap bisa pakai cara ini. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi SMS dari smartphone yang terpasang kartu Smartfren.
  • Ketik pesan dengan format INFO (huruf besar semua), lalu kirim ke nomor

Ketik pesan dengan format INFO (huruf besar semua), lalu kirim ke nomor

  • Tunggu beberapa saat, biasanya balasannya akan masuk cuma beberapa detik. Balasan inilah yang berisi informasi nomor kartu Smartfren kamu, masa aktifnya, dan berapa sisa pulsa yang masih kamu punya.

3. Cek Melalui Layanan Operator Smartfren

Cek Melalui Layanan Operator Smartfren

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Smartfren punya layanan operator alias customer service (CS) yang aktif selama 24/7, jadi kamu bisa hubungi kapan saja termasuk saat weekend, tengah malam, atau subuh sekalipun, dijamin bakal tetap ada petugas yang mengangkat telepon kamu.

Nomor dari layanan operatornya sendiri ada dua nih, yaitu 500 dan 995. Kamu bisa hubungi salah satu dari nomor ini, lalu langsung saja tanyakan ke petugas yang menerima telepon kamu berapa detail dari nomor Smartfren kamu.

Simak Juga  Cek Kuota 3

Tapi sebelum benar-benar menelpon CS, ada dua hal penting yang perlu kamu siapkan, yaitu pulpen + kertas untuk mencatat nomor kamu yang akan disebutkan oleh petugas nanti, dan yang kedua adalah pulsa.

Meskipun nggak diketahui pasti berapa biaya per menit untuk menelpon CS Smartfren di dua nomor tadi, tapi mayoritas nomor CS (di perusahaan apapun) punya tarif yang lumayan mahal.

Jadi kalau kebetulan kamu lagi bokek dan sisa pulsanya Rp 0, kamu nggak bisa pakai cara ini ya. Kalau kamu punya pulsa tapi masih di bawah Rp 10.000, sebaiknya kamu juga nggak perlu praktekin cara ini.

Karena biasanya, butuh pulsa paling sedikit Rp 25.000 untuk menghubungi CS suatu perusahaan supaya telepon nggak terputus padahal percakapan dengan CS belum selesai. Kalau hal kedua terjadi, maka kamu cuma buang-buang waktu dan pulsa. Sayang banget, kan?

4. Pakai Aplikasi Smartfren

Pakai Aplikasi Smartfren

Cara lain untuk cek nomor Smartfren tanpa harus kehilangan pulsa kayak cara sebelumnya adalah dengan memanfaatkan layanan digital dari Smartfren, yaitu berupa aplikasi gratis yang bisa kamu download dari Google Play dengan ukuran 33 MB, dan berukuran 53.1 MB kalau di App Store.

Aplikasi bernama MySmartfren ini punya tampilan antarmuka yang ramah pengguna dengan menu-menu tertata rapi dan bagian dalamnya bebas iklan, jadi bakal nyaman untuk digunakan.

Nggak cuma bisa kamu pakai untuk cek nomor, aplikasi dengan warna pink ini juga bisa untuk isi pulsa, scan voucher data, dan beli paket data dengan banyak pilihan mulai dari paket Youtube, SMS, Instagram, Facebook, paket telpon, internet harian, mingguan, bulanan, dan banyak lagi.

Metode pembayaran yang disediakan juga banyak kok, mulai dari bayar paket data dengan potong pulsa, transfer via virtual account, lewat OVO, ShopeePay, GoPay, DANA, dan bahkan bisa lewat kartu kredit / debit. Bukan itu saja, beli paket data dan pulsa dari MySmartfren juga banyak cashback lho.

Simak Juga  Cek Tagihan Listrik

Kamu juga bisa ikut program Rejeki WOW dan memainkan beberapa game mini dengan hadiah koin yang kalau sudah terkumpul banyak bisa kamu tukar dengan pulsa. Mini games di aplikasi ini termasuk nggak susah dan banyak tema, seperti berburu harta karun, berlayar, dsb.

Nah, untuk cara cek nomor Smartfren dari aplikasi ini, kamu nggak perlu tuh ketik atau kirim apapun. Bahkan, kamu nggak perlu lagi buka menu-menu lain. Cukup buka aplikasinya dan nomor kamu akan langsung terpampang di halaman utama aplikasi (biasanya ada di bagian atas sebelah kiri).

Tapi, aplikasi ini nggak punya mode offline, jadi aplikasi cuma bisa dibuka kalau kamu punya paket data internet atau smartphone kamu konek ke WiFI. Selain itu, aplikasi ini juga butuh registrasi, jadi saat pertama kali membuka aplikasi, kamu harus buat akun dulu dengan memasukkan nama, user ID, password, dsb.

5. Cek dengan WhatsApp

Cek dengan WhatsApp

Cara terakhir ini juga nggak kalah mudah dan praktis, karena kamu nggak perlu download dan daftar apapun. Tapi, syarat untuk bisa melakukan cara ini adalah nomor Smartfren kamu sudah harus terdaftar di WhatsApp.

Kalau sudah, maka kamu tinggal buka aplikasi WhatsApp dan buka menu Profil , maka kamu akan melihat nomor Smartfren kamu tercantum tepat di bawah nama akun WhatsApp kamu.

Kelima cara cek nomor Smartfren yang di bahas lapaskelas1malang.id di atas sama mudahnya dan opsi terbaiknya tergantung sama preferensi kamu masing-masing. Kalau nggak mau keluar pulsa, kamu bisa cek lewat dial up atau SMS, kalau nggak punya pulsa tapi ada paket data, kamu bisa cek dari WhatsApp atau MySmartfren.