Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi – Banyak jenis teks yang dipahami melalui pelajaran Bahasa Indonesia, bahkan hingga kamu dewasa dan bekerja juga akan sangat familiar dengan naskah seperti jenis eksplanasi. Contoh teks eksplanasi sangat banyak ditemukan di berbagai koran hingga situs internet.

Mau tahu lebih lanjut tentang jenis teks yang satu ini? Mulai dari pemahaman definisi, struktur sampai contohnya.

Jangan lupa cek informasi lengkapnya yang telah di bahas lapaskelas1malang.id berikut ini, sekaligus kamu bisa coba membuatnya sendiri.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah naskah atau tulisan yang isinya menjawab pertanyaan tentang sebuah proses. Mulai dari “mengapa” suatu hal bisa terjadi dan bagaimana alur kejadiannya.

Peristiwa yang dimaksud bisa saja tentang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Eksplanasi juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan teks jenis lain. Seperti memberikan informasi berupa fakta, sifatnya informatif, fokus pada objek yang dijelaskan, dan biasanya berhubungan dengan fenomena tertentu.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Jika kamu mau mahir membuat teks eksplanasi, maka yang perlu dipahami berikutnya adalah struktur dari pembuatan teks tersebut. Setidaknya, untuk membuat teks sesuai standar ada tiga struktur utama yang harus ada pada tulisan tersebut.

1. Penjelasan Secara Umum

Pada bagian ini, akan dimunculkan penjelasan dan pernyataan umum tentang objek yang akan dibahas. Contohnya, tentang kejadian sebuah bencana alam banjir yang melanda sebuah daerah.

Simak Juga  Seni Rupa Terapan

2. Urutan Kejadian Sebab dan Akibat

Selanjutnya adalah, bagian yang akan menjelaskan kenapa sebuah fenomena atau persitiwa bisa terjadi. Lengkap dengan akibat atau dampak yang diberikannya, kepada lingkungan dan apapun yang terkait dengan peristiwa tersebut.

3. Interpretasi

Terakhir adalah, tahapan penjelasan kesimpulan dari sebuah peristiwa dan tetap dengan landasan fakta yang didapat dari berbagai sumber.

Kaidah Kebahasaan

Kaidah Kebahasaan

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu penggunaan kata-kata utama dalam sebuah tulisan eksplanasi. Tentunya melalui kaidah kebahasaan yang tepat.

1. Kalimat Pasif

Penjelasan dalam teks eksplanasi banyak menggunakan kalimat pasif, dimana fokus pembahasan pada sebuah objek yang mendapat dampak dari sebuah kejadian.

2. Menggunakan Istilah Ilmiah

Berhubung kalimat ini menjabarkan hal-hal dalam konteks detail, maka kamu akan menemukan istilah ilmiah cukup banyak. Tergantung pada topik yang dibahas, makanya perlu pemahaman lebih dalam tentang berbagai istilah ilmiah.

3. Informatif

Tulisan tersebut menyajikan berbagai informasi seputar objek utamanya. Sehingga pembaca menjadi lebih paham tentang objek tersebut dari berbagai sisi.

4. Kata kerja rasional dan material

Jenis kata kerja rasional punya arti, sebagai kata yang menghubungkan antara subjek dan pelengkapnya. Sebagai contoh yaitu kata “termasuk”, “memiliki”, “bagian”, “menduduki”, dan lain sebagainya.

Sedangkan kata kerja material, juga menjadi bagian utama dalam tulisan eksplanasi. Diantaranya yang sering digunakan adalah memotong, membaca, mewarnai, menyapu, dan masih banyak lagi.

5. Konjungsi waktu dan kausal

Merupakan kata penghubung, yang akan membuat sebuah alur dari sebuah waktu kejadian ke waktu yang lain dengan keterkaitan satu sama lain.

Contoh dari konjungsi ini adalah tadi pagi, sesudah, sebelum, kemarin, setelah, sambil, dan lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi

Untuk lebih mempertajam pemahaman kamu tentang tulisan eksplanasi, penting melihat langsung contoh teks eksplanasi. beberapa diantaranya adalah:

1. Tema Covid-19

Tema Covid-19

Pernyataan Bersifat Umum

Covid-19 merupakan salah satu penyakit paling mematikan saat ini, penyebabnya adalah

Simak Juga  Siklus Akuntansi

Virus jenis severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

Saat ini virus tersebut sudah membunuh 4,48 juta jiwa dari berbagai penjuru dunia, dengan jumlah orang yang sudah terjangkit mencapai 215 juta jiwa.

Amerika Serikat berada di posisi puncak, dengan jumlah kasus mencapai 38,7 juta dan korban meninggal dunia ada di angka 636 ribu. Sementara Indonesia, berada di posisi 13 dengan jumlah kasus 4,06 juta dan korban pasien meninggal 131 ribu jiwa.

Sebab Akibat

Seorang pasien bisa menderita Covid-19, akibat terpapar virus yang masuk melalui sistem pernafasan. Virus akan menginfeksi sistem pernafasan sehingga terjadi masalah mulai dari flu, radang paru-paru salah satunya pneumonia.

Proses terjangkitnya seseorang, dimulai dari menghirup percikan droplet atau ludah penderita lainnya. Kemudian virus masuk ke dalam tubuhnya dan mulai melumpuhkan fungsi organ-organ penting.

Jika tidak ditangani dengan tepat, maka bisa berujung dengan kematian. Namun memang, gejala dari serangan virus ini sangat variatif dirasakan penderita. Bahkan ada yang nyaris seperti orang normal dan sehat, padahal di dalam tubuhnya terdapat virus tersebut.

Interpretasi

Sampai saat ini belum ditemukan obat utama untuk menyembuhkan penyakit tersebut, namun salah satu langkah yang disebut bisa menahan laju pandemi Covid-19 di seluruh dunia adalah melalui vaksin.

Tapi, untuk meminimalisir kemungkinan terjangkit bisa diupayakan pencegahan. Diantaranya dengan menggunakan masker, menjaga jarak aman di keramaian, dan selalu mencuci tangan usai memegang apapun.

Termasuk beberapa langkah preventif lain, seperti minum vitamin jika perlu dan berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Tema Gempa Bumi

Tema-Gempa-Bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang disebabkan pelepasan energi dari dalam bumi, sehingga memunculkan gelombang seismik penghasil getaran.

Ada gempa bumi yang berasal dari pergeseran lempeng dalam perut bumi, ada pula yang terjadi karena aktivitas gunung merapi. Hingga jatuhnya meteor, dari luar angkasa ke permukaan bumi.

Simak Juga  Kwitansi

Sebab Akibat

Ketika gempa bumi terjadi, permukaan bumi akan mengalami getaran yang dahsyat. Bahkan dalam data yang dipublikasikan media, terdapat gempa dengan magnitudo mencapai 9,6 skala richter.

Gempa tersebut terjadi di Valdivia, Chile tahun 1960, yang menewaskan sedikitnya 1.655 orang, kemudian 3.000 orang luka. Lalu sebanyak 2 juta orang terpaksa mengungsi, akibat dampak gempa yang menghancurkan banyak wilayah saat itu.

Interpretasi

Sebagai bagian dari fenomena alam, gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa diprediksi secara pasti. Upaya yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi dampak yang parah adalah, dengan penyuluhan tanggap bencana gempa.

Kemudian, membuat bangunan tahan gempa yang nantinya bisa dijadikan tempat mengungsi bagi orang-orang yang terdampak dari bencana tersebut.

3. Tema Kemiskinan

Tema Kemiskinan

Pernyataan Umum

Tahukah kamu, bahwa saat ini diprediksi bahwa jumlah orang miskin di dunia sudah mencapai 679 juta jiwa?

Angka yang cukup fantastis di tahun 2021, yang sedang dilanda berbagai gejolak seperti pandemi Covid-19 hingga masalah di setiap negara yang berbeda-beda.

Kemiskinan sendiri bisa dialami siapa saja, dengan kategori tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan minimal dasar hidupnya seperti makan, hingga tempat tinggal.

Sebab Akibat

Kemiskinan bisa terjadi karena banyak faktor. Seperti pendidikan yang rendah, lapangan kerja yang terbatas, adanya keterbatasan sumber daya baik modal maupun alam, hingga faktor malasnya seseorang mencari nafkah.

Alhasil, golongan miskin ini punya kehidupan di bawah standar makmur yang diterapkan oleh suatu daerah hingga negara.

Interpretasi

Kemiskinan masih akan menjadi pekerjaan rumah berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Berbagai upaya bisa dilakukan untuk menekan jumlahnya, supaya tingkat kemakmuran masyarakat bertambah dan angka kemiskinan menurun.

Penjelasan tentang teks eksplanasi hingga contoh teks eksplanasi sudah sangat jelas, tinggal kamu menelaah dengan cara yang tepat. Supaya nantinya, bisa membuat teks yang benar dan menjelaskan sebuah objek dengan sempurna.