Manajemen Adalah

Lapaskelas1malang.id – Manajemen adalah salah satu istilah yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari lingkungan sekolah hingga kantor dan pemerintahan, bahkan juga sering masuk di percakapan ringan dengan teman.

Sering mendengar dan mungkin juga menggunakannya, tahu nggak sih apa arti manajemen yang sebenarnya? Bukan artinya doang, kamu juga perlu tahu lho apa tujuan dan unsur-unsur yang ada di dalam manajemen.

Istilah manajemen berasal dari bahasa Inggris “manage”, yang dalam bahasa Indonesia berarti mengelola / mengatur / mengurus / mengendalikan / melaksanakan. Kalau di dunia bisnis, orang yang merumuskan, mengatur, dan melaksanakan berbagai tindakan manajemen biasa dikenal dengan “manajer”.

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian Manajemen Secara Umum

Berdasarkan artinya ini, istilah manajemen didefinisikan sebagai seperangkat prinsip yang berkaitan dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Penerapan dari prinsip-prinsip ini akan memanfaatkan sejumlah sumber daya seperti SDM, keuangan, peralatan, dan informasi, secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Berdasarkan definisi ini, dapat dikatakan juga kalau manajemen adalahsuatu proses yang tertata alias sistematis.

Sedangkan secara etimologis, kata manajemen diartikan sebagai sebuah seni untuk melaksanakan dan mengatur, yang secara umum diidentikan dengan dunia kerja, tapi sebenarnya manajemen juga dibutuhkan dalam rumah tangga, misalnya dalam hal manajemen keuangan pribadi atau suami istri.

Jadi, manajemen sebagai suatu sistem bukan hanya elemen penting dari masyarakat yang terorganisir tapi juga merupakan bagian integral dari mengelola kehidupan pribadi. Mengelola kehidupan itu nggak jauh beda dengan mengelola organisasi, makanya ‘seni’ manajemen ini sudah ada sejak dahulu kala.

Sama seperti kehidupan yang ditata dengan baik akan jauh lebih terorganisir, berorientasi pada tujuan, dan sukses, maka manajemen organisasi yang baik juga akan membuat perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan dari organisasi tersebut.

Simak Juga  Pajak Penghasilan

Definisi Manajemen Menurut Ahli

Definisi Manajemen Menurut Ahli

Banyak ahli telah mendefinisikan istilah manajemen dengan cara mereka sendiri, dan menurut pemikiran mereka, inilah beberapa pengertian dari manajemen:

1. Peterson dan Van Fleet

Kedua ahli ini mendefinisikan manajemen sebagai serangkaian kegiatan yang diarahkan pada pemanfaatan sumber daya yang efisien dan efektif dalam mengejar satu atau lebih tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

2. Megginson, Mosley, dan Pietri

Manajemen adalah bekerja dengan sumber daya manusia, keuangan dan sejumlah inventaris untuk mencapai tujuan tertentu dengan melakukan fungsi pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan dan pengendalian.

3. Kreitner

Kreitner mengartikan manajemen sebagai suatu proses pemecahan masalah untuk mencapai tujuan secara efektif melalui penggunaan sumber daya yang efisien dalam lingkungan yang berubah.

4. George R. Terry

Menurut George R. Terry, seluruh kegiatan yang dilakukan secara terus menerus untuk mencapai tujuan tertentu, dan di dalam kegiatan ini ada perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian, maka inilah yang dimaksud dengan manajemen.

5. FW Taylor

Manajemen ibarat seni mengetahui tindakan apa yang perlu dilakukan di saat tertentu, kapan waktu terbaik untuk melakukannya, dan tindakan atau keputusan yang dimaksud harus dilakukan dengan cara terbaik tapi dengan biaya paling murah.

6. Harold Koontz

Manajemen mirip dengan sebuah seni untuk menyelesaikan masalah melalui atau dengan bantuan beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok formal yang terorganisir. Lingkungan kelompok ini memungkinkan individu-individu di dalamnya untuk bekerja bersama guna mencapai tujuan kelompok.

Unsur-Unsur dalam Manajemen Adalah

Berdasarkan berbagai pengertian manajemen dalam daftar di atas, diperoleh kesimpulan kalau pada dasarnya unsur utama dari suatu manajemen itu ada lima, yaitu:

1. Perencanaan

Perencanaan

Perencanaan adalah serangkaian cara sistematis dan rasional untuk membuat keputusan paling tepat di masa sekarang yang akan memberikan pengaruh paling baik di masa mendatang. Dengan kata lain, masa depan dan arah organisasi sangat ditentukan oleh perencanaan yang dibuat saat ini.

Simak Juga  Pengertian Kapasitor

Bisa dibilang juga kalau perencanaan itu semacam tinjauan ke belakang yang korekti tapi merupakan tinjauan ke masa depan yang terorganisir.

Karena perencanaan melibatkan aktivitas membuat rencana penting untuk masa depan sekaligus rencana cadangan untuk kondisi tak terduga yang mungkin terjadi di masa depan, maka perencaan membutuhkan ilmu dan keterampilan yang baik untuk bisa meramalkan efek dari tindakan saat ini untuk jangka panjang.

Program perencanaan terbaik umumnya dibuat dengan memperhatikan berbagai faktor internal dan eksternal. Faktor internal umumnya mencakup perubahan jumlah dan pola tenaga kerja, desentralisasi, serta struktur organisasi yang mungkin akan lebih kompleks seiring waktu / seiring pertumbuhan organisasi.

Sedangkan faktor eksternal termasuk inflasi keuangan dan suku bunga, modal material dan non material, kemajuan teknologi yang dinamis dan perubahan trend, perubahan peraturan pemerintah terkait bisnis yang dijalankan, serta lingkungan politik global yang juga sangat susah diprediksi alias nggak stabil.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah serangkaian aktivitas yang melibatkan pembagian tugas untuk mencapai tujuan yang telah dibuat, membagikan tugas ini kepada tim atau individu yang paling tepat, dan mendelegasikan wewenang yang memang dibutuhkan agar tugas-tugas bisa dijalankan dengan kohesif dan terkoordinasi.

3. Kepegawaian

Kepegawaian

Kepegawaian dalam manajemen adalah mempekerjakan dan mempertahankan tenaga kerja yang paling tepat sesuai dengan visi misi dan bidang perusahaan, baik di tingkat non-manajerial atau manajerial.

Secara umum, kepegawaian terdiri dari serangkaian proses yang termasuk perekrutan, training/pelatihan, penggajian, pengembangan skill, evaluasi, insentif, dan kenaikan jabatan.

Karena unsur manusia adalah faktor terpenting sekaligus paling vital dalam manajemen, makanya perusahaan / organisasi hanya akan merekrut individu yang paling berkualitas.

4. Pengarahan

Pengarahan

Unsur pengarahan erat banget nih hubungannya sama komunikasi, kepemimpinan, dan juga pengawasan yang bertujuan membuat para karyawan melakukan masing-masing tugas yang sudah diberikan dengan cara yang paling efisien untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan / organisasi.

5. Pengontrolan

Pengontrolan

Unsur pengendalian / pengontrolan terdiri dari koordinasi, pelaporan, dan penganggaran. Menurut Koontz & O’Donnell, pengontrolan adalah pengukuran dan koreksi aktivitas kinerja bawahan untuk memastikan bahwa tujuan dan rencana perusahaan yang diinginkan bisa dicapai.

Simak Juga  Asuransi Kesehatan

Karena itu, fungsi kontrol terdiri dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk memastikan rencana yang sudah dibuat dan sedang atau akan dijalankan nggak bakal menyimpang dari rencana alias keluar jalur.

Agar pengontrolan lebih mudah dilakukan, makanya dibuat / ditetapkan standar kinerja, sederet aturan / kebijakan perusahaan, perjanjian kerja dengan rekan bisnis, kontrak dengan karyawan, dan pengambilan tindakan korektif kalau memang dibutuhkan untuk memperbaiki penyimpangan yang mungkin terjadi.

Kelima fungsi manajemen di atas saling terkait erat. Tapi, fungsi-fungsi ini sangat sulit untuk dibedakan di dunia kerja dan bahkan hampir nggak bisa dikenalin kalau kamu masih sangat minim pengetahuan soal manajemen.

Tujuan Manajemen Adalah

Tujuan Manajemen Adalah

Kalau mengelola kehidupan pribadi berarti menyelesaikan sesuatu untuk mencapai tujuan hidup, maka mengelola organisasi adalah menyelesaikan serangkaian tugas organisasi melalui orang lain untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan organisasi.

Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan sebuah manajemen. Kalau dalam dunia bisnis, manajemen yang bagus ibarat tulang punggung dari bisnis yang sudah besar dan sukses. Jika dibuat dalam bentuk poin-poin, maka inilah beberapa tujuan dari dibuatnya sebuah manajemen:

  • Manajemen membantu menentukan jenis cara atau strategi paling efisien dan efektif untuk mencapai tujuan jangka pendek dan panjang.
  • Manajemen akan memudahkan evaluasi kerja dan menjadi pengalaman untuk menghadapi situasi serupa atau berbeda di waktu mendatang.
  • Manajemen bertujuan untuk menjaga kondisi keuangan, inventaris di suatu perusahaan atau organisasi, dan semua sektor yang ada di perusahaan atau organisasi tersebut dengan tujuan perusahaan bisa mencapai profit secara maksimal.
  • Tujuan terakhir dari manajemen adalah untuk meninjau kembali kelemahan, kekuatan, peluang, dan resiko yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.

Secara garis besar, manajemen penting banget untuk membuat semua hal lebih terorganisir dan sangat dibutuhkan untuk menjalankan semua jenis organisasi, mulai dari usaha kecil sampai perusahaan besar, sekolah dan kampus, pemerintahan, dan bahkan dalam rumah tangga atau kehidupan pribadi.