Pengertian Ide Pokok

Pengertian Ide Pokok – Ide pokok sangat erat kaitannya dengan pelajaran bahasa Indonesia, sejak SD anak-anak sudah diberi pemahaman tentang hal ini. Mulai dari pengertian ide pokok, sampai hal-hal pendukung agar penentuan ide tersebut bisa benar-benar sesuai target.

Buat kamu yang hobi menulis atau memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan sejenisnya, pemahaman tentang ide pokok memang sangat dibutuhkan.

Berikut ini berbagai penjelasan penting seputar hal tersebut yang sudah lapaskelas1malang.id jelaskan berikut ini:

Pengertian Ide Pokok

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah, ide pada sebuah tulisan yang menjadi pembahasan utama dalam sebuah paragraf. Ada kalimat utama yang berisi ide tersebut, dimana untuk satu paragraf standar hanya akan memiliki satu ide pokok.

Untuk memudahkan orang menemukan ide pokok, perlu dipahami juga tentang kalimat utama yang merupakan tempat ide atau gagasan pokok berada.

Fungsi Ide Pokok

Fungsi Ide Pokok

Secara umum,fungsi dari gagasan utama yaitu untuk menjelaskan apa inti dari sebuah naskah atau bacaan. Dengan adanya ide tersebut, kamu akan lebih mudah paham setiap paragraf termasuk menjelaskannya kembali.

Bahkan dengan adanya ide pokok, kamu akan lebih mudah melakukan identifikasi terhadap pokok masalah dari sebuah tulisan. Tinggal menggabungkan ide dari semua paragraf, maka akan menjadi sebuah kesimpulan tulisan.

Simak Juga  Sel Tumbuhan

3 Ciri Utama Ide Pokok

3 Ciri Utama Ide Pokok

Ada tiga ciri utama dari ide pokok, yang akan membedakannya dengan kalimat lain dalam sebuah paragraf. Jadi, akan lebih mudah mengidentifikasinya ketika kamu mau mencari sebuah gagasan utama.

1. Ada Kalimat Pendukung

Untuk menegaskan sebuah ide pokok dalam paragraf, kalimat pendukung pastinya akan ada. Di dalamnya terdapat rangkaian kata yang berhubungan dengan ide utama tersebut.

2. Ada Penjelasan Pendukung

Pada kalimat pendukung, ada penjelasan yang akan mendukung sebuah ide pokok yang akan semakin memudahkan kamu untuk menemukan ide pokok.

3. Menjadi Inti Pembahasan

Kamu akan mudah menemukan gagasan utama ini, karena merupakan inti pembahasan dari sebuah paragraf. Bisa ditempatkan di awal kalimat, tengah, ataupun akhir.

Cara Menentukan Ide Pokok

Cara Menentukan

Jika selama ini, kamu kebingungan untuk menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf atau tulisan. Sebenarnya ada cara yang bisa digunakan untuk menemukannya, asalkan fokus membaca dan memahami tulisan.

1. Membaca Keseluruhan Paragraf atau Tulisan

Tugas pertama kamu adalah, membaca keseluruhan paragraf yang akan dicari ide pokoknya. Mulai dari kalimat pertama sampai akhir.

2. Membaca Keseluruhan Kalimat

Setelah membaca keseluruhan, kamu lanjutkan dengan memahami kalimat demi kalimat karena pastinya ada perbedaan antar kalimat.

3. Pisahkan Kalimat-kalimat Utama dan Penjelas

Langkah selanjutnya adalah memisahkan, mana yang merupakan kalimat utama dan mana kalimat pendukung. Berdasarkan pengertian ide pokok dan pendukung yang sudah kamu pahami sebelumnya.

4. Beri Tanda Pada Informasi Penting

Saatnya untuk menandai informasi-informasi penting, yang terdapat pada kalimat di dalam paragraf. Bisa dengan menuliskannya kembali pada bukumu, untuk memudahkan saat akan mencari ide pokok.

5. Tentukan Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas harus kamu temukan, biasanya akan memberikan keterangan tambahan dari sebuah pembahasan utama.

6. Buat Kesimpulan

Simpulkan isi paragraf berdasarkan hasil pengumpulan informasi penting sebelumnya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menentukan apa gagasan utama yang ada di dalam alinea itu.

7. Temukan Ide Pokok

Kamu sudah bisa menemukan ide pokok dengan mudah, lalu menggunakannya sesuai kebutuhan.

Simak Juga  Deret Aritmatika

Cara Membuat Ide Pokok

Lantas bagaimana pula caranya, untuk membuat sebuah ide pokok dan memasukkannya ke dalam sebuah paragraf? Hal itu, bisa dilakukan dengan mencari topik pembahasan terlebih dahulu.

Bisa dengan mengangkat tema yang sedang viral di perbincangkan, dapat juga tema yang berhubungan dengan kondisi sekitar kamu.

Setelah itu, tinggal kembangkan ide tersebut menjadi sebuah paragraf yang enak dibaca. Kamu bisa menambahkan beberapa kalimat pendukung, yang intinya tidak melenceng dari ide pokok yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jenis-Jenis Ide Pokok

Jenis-Jenis Ide Pokok

Dalam kaidah bahasa Indonesia, ada empat jenis ide pokok berdasarkan posisinya di dalam sebuah paragraf atau tulisan. Masing-masing, memiliki karakteristik sendiri dan bisa dipilih sesuai alur penjelasan dari sebuah tulisan.

1. Deskriptif

Jenis ini, merupakan penjabaran gagasan utama menyeluruh dari awal sampai akhir paragraf. Tidak ada kalimat pendukung atau penjelas, semua informasi penting dimasukkan semua ke dalam sebuah paragraf.

2. Induktif

Merupakan jenis ide pokok yang letaknya di akhir paragraf. Jadi, penjelasan dari sebuah paragraf dimulai dari informasi umum melalui beberapa kalimat pendukung. Setelah itu, baru mengerucut pada informasi khusus yang dijadikan gagasan utama paragraf.

3. Campuran

Gagasan utama jenis ini, merupakan perpaduan antara jenis deduktif dan induktif. Diawali dengan informasi utama lalu ditambah penjelasan umum, lalu di bagian akhir akan kembali menegaskan informasi utama atau ide pokok tersebut.

4. Deduktif

Ide pokok, akan diletakkan di awal kalimat sebuah paragraf karena jenis ini memberikan penjabaran informasi dari yang khusus. Kemudian ditambah dengan beberapa informasi pendukung, yang akan memperjelas ide utama.

Contoh Ide Pokok Dalam Paragraf

Untuk lebih memahami apa itu ide pokok, dimana letaknya, dan seperti apa cara mencarinya. Berikut ini beberapa contoh paragraf, lengkap dengan ide pokok dan ide penjelasnya.

1. Ide Pokok Deskriptif

Ide Pokok Deskriptif

Rumah tua itu memiliki dua jendela, pintunya hanya satu di bagian depan. Kemudian pada bagian atap terlihat sudah bocor dan lapuk, akibat terkena hujan dan panas matahari. Bagian teras juga tampak berdebu, apalagi halaman depan yang sudah diisi rumput tinggi. Pagar bagian depannya, juga sudah terlihat usang dan bagian kayunya dimakan rayap hingga mudah hancur saat dipegang.

Simak Juga  Pengertian Kapasitor

Ide pokok: kondisi rumah tua

Kalimat pendukung: semua kalimat menjabarkan tentang kondisi sebuah rumah tua.

2. Ide Pokok Campuran

Ide-Pokok-Campuran

Pandemi Covid-19 masih menjadi momok menakutkan di berbagai belahan dunia. Berbagai upaya terus dilakukan untuk melumpuhkan virus, yang katanya berasal dari Wuhan, China tersebut. Mulai dari, membuat vaksin terbaik hingga penerapan protokol kesehatan. Tapi, tetap saja penyebarannya belum bisa dihentikan entah kenapa. Yang pasti, Covid-19 masih menjadi pekerjaan rumah bagi dunia untuk segera dituntaskan.

Ide pokok: “Pandemi Covid-19 masih menjadi momok menakutkan di berbagai belahan dunia” dan “Yang pasti, Covid-19 masih menjadi pekerjaan rumah bagi dunia untuk segera dituntaskan”

3. Ide Pokok Deduktif

Ide-Pokok-Deduktif

Mencari pekerjaan saat ini sangat sulit, banyak masyarakat harus menjadi pengangguran. Hal tersebut menjadi pemicu berbagai masalah ekonomi, mulai dari naiknya harga barang hingga meningkatnya angka kriminalitas. Salah satu upaya yang bisa dilakukan, tentu membuat kebijakan pro rakyat untuk memberdayakan pengangguran agar tetap aktif dan tidak melakukan hal negatif.

Ide pokok: Mencari pekerjaan saat ini sangat sulit, banyak masyarakat harus menjadi pengangguran.

4. Ide Pokok Induktif

Ide Pokok Induktif

Berolahraga di pagi hari minimal 15 menit saja, kemudian makan teratur dengan perpaduan karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin lengkap juga perlu dilakukan. Jangan lupa, tetap menjaga otak agar tidak stress dan menjalankan hidup tanpa beban. Itu merupakan langkah utama, agar bisa meningkatkan daya tahan dan mencegah berbagai penyakit menyerang.

Ide pokok: Itu merupakan langkah utama agar bisa meningkatkan daya tahan dan mencegah berbagai penyakit menyerang.

Disaat kamu sudah paham tentang pengertian ide pokok, termasuk juga ciri hingga contohnya seperti penjelasan di atas. Akan lebih mudah, untuk membuat sendiri atau menyelesaikan tugas mencari ide pokok yang diminta oleh guru atau dosen.