Teks Laporan Percobaan

Teks Laporan Percobaan – Pada kesempatan ini lapaskelas1malang akan memberikan sebuah ulasan penting mengenai pengertian teks laporan percobaan, ciri-ciri dan contohnya secara lengkap dan detail. Maka dari itu simak dengan baik artikel ini hingga selesai.

Sebuah percobaan biasanya akan dirangkum dalam sebuah teks yang berisi alur pengamatan, hasil dan kesimpulan. Teks ini disebut dengan teks laporan percobaan. Kalau kamu mendengar nama laporan percobaan, pasti yang ada di bayangan adalah percobaan mengenai sains kan? Padahal, itu belum tentu lho!

Kamu bisa menggunakan kaidah teks laporan ini untuk mata pelajaran apapun/untuk bidang apapun. Kaidah penulisan teks ini juga kerap digunakan untuk percobaan penelitian untuk kebutuhan skripsi.

Nah, agar lebih paham, berikut ini adalah pengertian, ciri, struktur, langkah dan tujuan dari teks ini.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan adalah salah satu bentuk teks saintifik yang tujuannya memberikan informasi kepada para pembaca tentang sebuah percobaan. Laporan membahas data riil, objektif dan valid. Penyusunan teks didasarkan pada rujukan teori dan literatur ilmiah.

Penulis teks tidak bisa menambahkan opini pribadi terkait dengan laporan pengamatan. Secara teknis, teks ini menggambarkan prosedur pengamatan, material yang digunakan, hingga kesimpulan yang didapat. Tujuan teks secara umum adalah memberi gambaran sebuah percobaan.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Struktur Teks Laporan Percobaan

1. Judul

Bagian paling awal dari teks adalah judul. Judul harus menggambarkan sebuah objek yang akan diteliti, hasil akhir dan juga perlakuannya. Misalnya, “Cara Membuat Sabun Mandi Lidah Buaya”. Artinya objek tunggal adalah lidah buaya yang diubah menjadi sabun.

Simak Juga  Pajak Penghasilan

2. Tujuan

Anda bisa menggambarkan tujuan dari percobaan secara umum. Di bagian ini, Anda dapat mengajukan alasan melakukan percobaan. Banyak sisi yang bisa digali seperti tujuan efektif, harga, isu lingkungan, dan lain-lain. Setidaknya ada satu tujuan dari percobaan.

3. Bahan dan Alat

Pada bagian ini, Anda harus menyebutkan bahan dan alat yang digunakan. Sebutkan seberapa besar, berat, bagian, atau ukuran dari bahan yang digunakan bisa nantinya tidak disebutkan dalam alur prosedur. Sampaikan dengan detail agar pembaca bisa menduga dan membayangkan.

4. Langkah-langkah percobaan

Bagian inti dari teks laporan percobaan adalah langkah-langkahnya. Setiap langkah percobaan harus ditulis secara sistematis sehingga tidak membingungkan pembaca. Anda juga harus menyebutkan waktu atau keterangan lain agar kalimat menjadi lebih jelas.

5. Hasil percobaan

Apapun hasil yang didapatkan, Anda tetap harus menuliskannya dengan jujur dan objektif. Tidak masalah jika percobaan yang Anda lakukan mengalami kegagalan sekalipun. Anda juga bisa menyebutkan faktor tertentu jika percobaan tidak sesuai ekspektasi.

6. Simpulan

Bagian ini diletakkan paling akhir dan menjelaskan tentang seluruh isi percobaan. Anda bisa menjelaskan bagaimana percobaan ini akan menjadi sebuah manfaat atau referensi bagi orang lain. Simpulan adalah penutup dari teks laporan dan diuraikan secara singkat.

Ciri-Ciri Teks Laporan

Ciri-Ciri Teks Laporan

1. Diawali dengan tujuan

Bagian penting dari teks adalah penyampaian tujuan percobaan. Tujuan akan menggambarkan tentang bayangan hasil akhir dari percobaan tersebut. Semakin sedikit tujuannya, maka akan semakin baik karena prosedurnya menjadi lebih sederhana.

2. Pemaparan bahan

Penulis wajib memaparkan bahan-bahan yang digunakan dalam percobaan. Bahan dan alat harus disebutkan dengan rinci disertai ukuran atau variannya. Bagian ini akan menjadi persiapan pembaca yang ingin ikut melakukan percobaan yang seperti Anda lakukan.

3. Pemaparan prosedur

Pelaksanaan percobaan disampaikan dengan cara memaparkan prosedur penelitian. Di bagian ini, pemaparannya sama seperti langkah-langkah saat Anda melakukan pengamatan. Prosedur tidak boleh ditulis secara acak. Sistematikanya harus runut dan rapi.

Simak Juga  NPWP

4. Hasil percobaan harus objektif

Anda tidak boleh mengarang hasil percobaan. Apapun hasil yang terjadi di lapangan, Anda harus mencatatanya sehingga teks laporan percobaan menjadi objektif. Tidak masalah apabila percobaan yang Anda lakukan gagal sekalipun.

5. Tidak ada opini

Opini dalam laporan saintifik hanya akan membuat laporan menjadi menyimpang. Hal ini tidak diperkenankan sama sekali, jadi Anda harus menghindari hal ini. Prasangka dan keberpihakan juga tidak perlu ditulis karena tidak ada bukti pendukung.

Tujuan Teks Laporan

Tujuan Teks Laporan

1. Pertanggungjawaban kegiatan

Teks laporan tentu saja digunakan untuk melaporkan kepada pihak lain. Biasanya, prosedur penelitian merupakan sebuah tugas sehingga orang yang melakukan percobaan wajib menyampaikan hasilnya kepada pihak lain. Jadi isinya murni tentang prosedur percobaan.

2. Penjelasan tentang prosedur

Untuk mencapai sebuah hasil, biasanya caranya tidak tunggal. Laporan akan membuktikan bahwa sebuah cara bisa menjadi solusi untuk memenuhi prosedur tersebut. Sehingga, bagian utama dari percobaan adalah penjelasan tentang prosedur percobaan dari awal hingga akhir.

3. Dijadikan referensi ilmiah

Karena teks laporan percobaan merupakan teks bersifat saintifik, tujuan utamanya adalah untuk dijadikan acuan atau sumber yang akurat. Itu sebabnya, teks harus disusun dengan bahasa yang teknikal dan hanya berdasarkan pada fakta yang terjadi di lapangan.

4. Dokumentasi

Laporan akan menjadi bukti valid bahwa percobaan tertentu sudah pernah dilakukan. Pembaca akan mendapatkan gambaran hasilnya berdasarkan kesimpulan. Laporan juga biasanya disertai dengan dokumentasi lain seperti foto untuk mendukung data.

Langkah Membuat Teks Laporan Percobaan

Langkah Membuat Teks Laporan Percobaan

1. Buat judul

Judul adalah ringkasan dari seluruh isi teks. Karena katanya yang terbatas, itu sebabnya Anda harus menyiapkan judul yang berbobot. Sertakan pengujian dan objek yang akan Anda lakukan di bagian judul sehingga pembaca bisa tertarik.

2. Tulis tujuan

Tujuan dari observasi bisa beragam antara satu dengan lainnya meski percobaannya memiliki kesamaan prosedur. Hindari memiliki terlalu banyak tujuan dalam teks karena hasilnya akan kabur. Semakin spesifik tujuan Anda, maka hasil laporan akan semakin baik.

3. Catat langkah percobaan

Di bagian ini, Anda harus memastikan bahwa tidak ada langkah yang tertinggal. Setiap langkah harus tersusun secara runut dan bisa menggunakan konjungsi waktu. Gunakan kata yang berhubungan dengan cara dan waktu agar lebih jelas.

Simak Juga  Alat Musik Harmonis

4. Catat hasil dan simpulan

Apapun hasil percobaannya, catat di bagian hasil percobaan. Anda bisa mendeskripsikan dari berbagai segi baik itu visual, rasa, dan lain-lain. Setelah itu, tulis juga simpulan percobaan termasuk kendala yang Anda hadapi selama percobaan.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Contoh Teks Laporan Percobaan

  • Judul

Cara Membuat Sabun Mandi Lidah Buaya

  • Tujuan

Sabun mandi adalah barang kebutuhan sehari-hari. Fungsi sabun adalah menjaga kebersihan tubuh saat mandi. Meski banyak di pasaran, kita bisa membuat sabun sendiri yang ramah lingkungan dengan bahan dasar lidah buaya.

  • Alat dan Bahan
  1. Sabun cair emulsi
  2. Lidah buaya
  3. Air
  4. Sendok
  5. Pewangi
  • Langkah pembuatan
  1. Cuci lidah buaya dan kupas. Bagian bawah yang biasa memiliki getah sebaiknya disingkirkan dan dibuang.
  2. Bagian dalam lidah buaya dipotong kecil-kecil atau bisa juga dikerok dengan menggunakan sendok.
  3. Hancurkan isi lidah buaya sehingga menjadi serat. Anda juga bisa menggunakan blender. Saring hingga mendapatkan ekstrak lidah buaya.
  4. Ekstrak lidah buaya ditambahkan dengan sedikit air, emulsi cabun cair, dan pewangi. Aduk hingga rata.
  5. Biarkan hingga mengembang selama 30 menit.
  6. Anda bisa mencetak sabun dengan cetakan sesuai dengan selera Anda.
  7. Masukkan ke dalam kulkas agar bentuknya menjadi sabun batangan.
  8. Jika sudah beku, sabun batangan lidah buaya pun sudah bisa langsung digunakan.
  • Hasil Percobaan

Sabun mandi yang terbuat dari lidah buaya memiliki aroma yang segar. Sabun juga tidak meninggalkan rasa licin di kulit. Satu batang besar lidah buaya bisa memproduksi hingga tiga batang sabun mandi.

  • Kesimpulan

Sabun mandi lidah buaya bisa menjadi solusi untuk menggunakan sabun yang ramah lingkungan. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar dan pasaran.

Teks laporan percobaan hampir mirip dengan prosedur. Hanya saja, Anda perlu membuktikan hasil yang didapatkan setelah melakukan prosedur tersebut. Teks ini bersifat saintifik sehingga Anda tak bisa menulisnya tanpa melakukan percobaan.