Teks Ulasan

Teks Ulasan – Pernahkah kamu membaca sebuah resensi? Resensi merupakan sebuah teks ulasan yang membahas sebuah karya. Karya tersebut bisa berupa apa saja. Namun umumnya, pembahasan sekitar film, lagu, sastra, hingga buku. Tujuan resensi adalah memberikan penilaian terhadap karya melalui sudut pandang penulis.

Isi ulasan ini berbeda-beda karena sudut pandang penulis berperan besar dalam hal ini. Ada teks yang isinya mengulas hal-hal yang tidak diketahui orang awam, ada yang mengkritik, ada pula yang menilai.

Berikut ini adalah struktur, ciri, tujuan dan jenis dari teks ulasan yang akan dibahas lapaskelas1malang.id secara lengkap. Yuk simak penjelasannya sampai selesai.

Pengertian Teks Ulasan

Pengertian Teks Ulasan

Saat ini, banyak orang yang melakukan review atau mengulas melalui banyak cara dan salah satunya adalah teks. Ulasan berbentuk tulisan membantu siapapun yang ingin mendapatkan sedikit informasi tentang karya yang akan dinikmati. Anda juga bisa menganggapnya sebagai komentar atau umpan balik.

Teks ini bersifat bebas, sesuai dengan sisi yang akan penulis kupas. Hal itu tergantung dari latar belakang orang yang memberi ulasan. Namun sikap paling keras dalam karya adalah membuat ulasan kritis yang tujuannya adalah agar karya atau pembuat karya bisa menghasilkan karya yang lebih baik.

Tujuan Teks Ulasan

Tujuan Teks Ulasan

1. Mengajak pembaca berpikir

Pada dasarnya pembuatan teks resensi memiliki tujuan yang baik. Penulis ingin mengajak pembaca agar bisa berpikir dan berdiskusi tentang karya tersebut. Apalagi jika di dalam karya terdapat masalah umum atau sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Simak Juga  Teks Cerita Sejarah

2. Bahan pertimbangan konsumen

Setiap orang yang ingin membeli atau menikmati karya biasanya akan mencari ulasan terlebih dahulu. Ulasan yang baik bisa membantu mereka dalam membuat keputusan. Teks ini akan menjadi bahan pertimbangan mereka terkait kualitas, waktu, harga dan sebagainya.

3. Sumber utama kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dan kekurangan sebuah produk bisa diketahui oleh orang yang pernah menggunakannya. Orang lain paling membutuhkan info ini agar mereka bisa tahu produk apa yang cocok untuk mereka. Tak heran jika teks ulasan menjadi yang paling dicari di internet terutama e-commerce.

4. Memberikan pemahaman

Tak semua orang bisa memahami sebuah karya dengan baik. Pesan yang disampaikan oleh sebuah karya bisa jadi implisit dan hanya orang tertentu yang bisa memahaminya. Resensi ini bisa membantu mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap karya yang mereka nikmati.

5. Memberikan pandangan penulis

Penulis terbagi ke dalam dua kategori, yakni profesional dan awam. Penulis resensi yang profesional akan sangat membantu pembaca untuk memahami karya dan memberikan pandangannya. Pandangan ini bisa menyetir penikiran pembaca, baik dari segi positif maupun negatif.

6. Membandingkan karya yang serupa

Sebuah resensi memang memiliki tujuan untuk membandingkan karya yang serupa, misalnya lagu rock A dengan langu rock B. Nantinya, teks ulasan bisa membandingkan dari segi pesan yang ingin disampaikan lagu, relevansi terhadap pasar, pemilihan kata untuk lirik dan lain sebagainya.

7. Mengetahui sebuah isi

Sebelum menikmati sebuah karya atau produk, seseorang biasanya mencari ulasan terlebih dahulu terkait dengan isi karya tersebut. Mereka ingin tahu apa saja keuntungan yang akan mereka dapatkan dari karya tersebut. Inilah tujuan utama dari dibuatnya sebuah teks resensi.

Simak Juga  Teks Laporan Percobaan

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Ciri-Ciri Teks Ulasan

1. Testruktur

Teks resensi memiliki struktur yang rapi. Bagian ini terdiri dari orientasi, penafsiran, evaluasi dan rangkuman. Semuanya melibatkan pemikiran dan pola penulisan yang dimiliki oleh penulis. Panjangnya tergantung dari si penulis itu sendiri.

Struktur dalam resensi tidak boleh diubah dan harus disusun dengan cara sistematis. Anda tidak boleh meletakkan orientasi di bagian akhir, misalnya. Kerapian struktur akan membuat pembaca lebih mudah memahami ulasan yang Anda buat.

2. Gabungan fakta dan opini

Resensi memuat fakta dan opini. Bagian fakta diisi dengan penggalan karya-karya yang ada. Misalnya film, Anda bisa memuat quote atau screen capture yang ada pada trailer umum. Sementara lagu, Anda bisa memuat penggalan lirik.

Untuk bagian opini, Anda bisa memuat pandangan Anda terhadap penggalan fakta tersebut. Namun Anda juga tidak bisa asal mengutarakan pemikiran. Perlu ada bukti konkret yang mendukung pemikiran Anda dan bagian ini boleh melakukan perbandingan.

3. Berisi penilaian

Penilaian di dalam sebuah teks ulasan adalah hal yang wajar. Misalnya Anda memberikan nilai 8/10 untuk karya yang Anda ulas di bagian akhir. Biasanya pembaca teks juga akan merujuk ke angka ini sebelum memilih atau memutuskan untuk menikmatinya.

4. Nama lain dari resensi

Teks ini lebih dikenal sebagai sebuah resensi. Secara umum, istilah resensi lebih banyak digunakan untuk mereka yang mengulas film. Namun resensi bisa berupa apa saja selagi itu termasuk karya, baik lagu, buku, puisi dan lain-lain.

Jenis-Jenis Teks Ulasan

Jenis-Jenis Teks Ulasan

1. Ulasan informatif

Jenis teks yang satu ini berfungsi untuk memberi tahu pembaca tentang karya atau produk. Isi pembahasannya cenderung netral dan menitikberatkan pada kemampuan produk atau bobot karya. Gambarannya bisa dibandingkan dengan produk yang sejenis.

Isi teks biasanya sangat lengkap dan padat. Cara penyampaian yang dilakukan oleh penulis pun sangat lugas. Penggunaan bahasa biasanya sangat sederhana, terkadang menggunakan poin-poin tertentu. Pengulas juga membahas kelebihan dan kekurangan produk.

Simak Juga  Teks Prosedur

2. Ulasan deksriptif

Tipe ulasan yang satu ini biasanya dibuat untuk mengulas sebuah sastra. Anda perlu menggambarkan dengan jelas seluk-beluk sastra tersebut dan bisa dikaitkan dengan level sastra sejenis. Tujuan ulasan ini adalah membuat pembaca untuk memahami karya lebih dalam.

3. Ulasan kritis

Meskipun sifatnya kritis dan mengkritik, ulasan yang satu ini tidak bias dan tetap objektif. Penulis biasanya menyampaikan pandangannya disertai analisis yanh lebih dalam. Penulis pun tidak akan memaksa bahwa ulasannya layak dijadikan acuan bagi khalayak.

Struktur Penulisan Teks Ulasan

Struktur Penulisan Teks Ulasan

1. Orientasi

Orientasi disebut juga sebagai bagian perkenalan. Penulis harus mengenalkan objek yang akan dibahas dalam resensi terkait karya baik buku, lagu, film, dan lainnya. Pada bagian orientasi ini, penulis menjelaskan tentang karya yang dibahas dalam teks tanpa tafsiran.

2. Penafsiran

Penafsiran adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah ulasan. Tafsir ini bisa terdiri dari berbagai sisi. Ada yang membahas keunikan, kualitas karya, keunggulannya dibanding karya lain, dan sebagainya. Meski bebas, tafsir biasanya didasarkan pada teori tertentu.

3. Evaluasi

Bagian evaluasi terdiri dari pandangan yang disampaikan oleh penulis. Pandangan ini tidak lepas dari pengetahuan dan wawasan yang penulis resensi terkait dengan karya yang diulas. Bagian yang ditonjolkan biasanya berupa nilai, amanat, kelebihan dan kekurangan karya.

4. Rangkuman

Bagian ini berisi kesimpulan dari dua bagian, yakni penafsiran dan evaluasi. Penulis biasanya memberi tambahan komentar seperti kualitas, bagus atau tidak, atau kelayakan untuk dinikmati pembaca teks. Meski begitu, bagian ini tidak boleh bias.

Teks ulasan atau resensi menjadi teks yang banyak dicari orang sebelum memilih, memutuskan atau membeli sesuatu. Dalam hal karya, teks ini membantu untuk memahami lebih jauh sebuah karya melalui penafsiran dan evaluasi yang disampaikan penulis.